Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-27 19:36:52

Dekranasda Jember Sulap RTH Jadi Outlet UMKM dan IKM

RESMI: Bupati Jember Hendy Siswanto dan istrinya yang juga Ketua Dekranasda Kasih Fajarini saat meresmikan outlet Dekranasda di RTH yang berada di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Kaliwates.

TADATODAYS.COM, JEMBER - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Jember menyulap Ruang Taman Hijau (RTH) yang berada di Jalan  Gajah Mada, Kecamatan Kaliwates menjadi outlet penjulan produk UKM dan IKM. Program itu direalisasikan untuk memperluasa pemasaran produk lokal.

Bupati Jember Hendy Siswaanto hadir langsung dalam pembukaan outlet tersebut, Jumat (27/05/2022). Dalam sambutanya, Hendy –sapaan akrabnya- mengatakan, langkah Dekranasda menyulap RTH menjadi outlet UMKM dan IKM merupakan inovasi yang patut diacungi jempol.

Baca Juga : Bupati Hendy Berangkatkan 905 CJH Jember secara Bertahap

Melalui inovasi tersebut, RTH akan memiliki dua fungsi sekaligus. Yakni, fungsi terbuka hijau untuk aktivitas masyarkat juga fungsi promosi bagi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). “Ini luar biasa, RTH kita lebih maksimal fungsinya,” katanya.

Baca Juga : Konfercab PWI Jember Dibuka Bupati, 3 Caketum Bersaing

Hendy menyebut, untuk memajukan Jember diperlukan kerja-kerja inovasi dan juga kolaborasi. Pihaknya melihat Dekranasda yang bekerja secara sosial tanpa dibayar melakukan kerja inovasi dan kolaborasi tersebut. “Saya tidak bisa bekerja sendiri, terim kasih pada Dekranasda dan OPD terkait. Semoga kemajuan segera terwujud,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jember Kasih Fajarini yang juga istri Bupati Hendy dalam sambutanya mengatakan, siap membantu memasarkan dan mempromosikan seluruh produk UMKM dan IKM yang ada di Kabupaten Jember.

Perempuan yang akrab disapa Ibu Rin itu melanjutkan, agar produk Jember lebih dikenal, pelaku UMKM dan IKM perlu mengubah pola pikir dari hulu hingga hilir sebuah produk. Pola pikir yang dimaksud dari sisi produksi hingga penjualan. Seperti pola pikir inovatif, kualitas produk, dan juga pola pikir mengenai produk apa yang dibutuhkan pembeli.

Karenanya, bersama timnya di Dekranasda dan OPD terkait dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, pihaknya mendorong digitalisasi pemasaran produk pada pelaku UMKM dan IKM. “Disamping kami dibantu oleh OPD terkait, kami juga mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh tim Dekranasda,” katanya.

Rini menambahkan, untuk menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung, di RTH Gajah Mada Dekranasda tak hanya membuka oulet penjulan produk saja. Tetapi, juga membuka kafe. Nantinya, kafe tersebut juga akan diisi oleh kegiatan-kegiatan bermanfaat bersama OPD terkait. (*as/sp)