Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-21 21:30:55

Diguyur Hujan Lebat Selama 4 Jam, 100 Rumah Warga di Pesanggaran Terendam Banjir

BANJIR: Luapan air Sungai Karang Tambak yang masuk ke permukiman warga di Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Senin (21/3/2022), mengalir cukup deras. Beruntung banjir tersebut cepat surut dan berlangsung hanya selama 1,5 jam.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Banjir melanda 100 rumah warga di Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Senin (21/3/2022). Banjir terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan lebat selama 4 jam, dan mengakibatkan air sungai setempat meluap.

Hujan yang mengguyur Kecamatan Pesanggaran terjadi mulai pukul 11.00 WIB hingga 16.00 WIB. Akibatnya, Sungai Karang Tambak yang berada di Desa Kandangan meluap dan merendam permukiman warga.

Baca Juga : Kali Ini, Banjir Setinggi 1,5 Meter Melanda Pakis Banyuwangi

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Mujito mengatakan bahwa sungai tersebut di kawasan PTPN XII Kebun Sumberjambe.

Baca Juga : Petugas Bersihkan Sisa Banjir di Pesanggaran, Barang Milik Warga Dilaporkan Hanyut

Mojito menuturkan, total ada 100 rumah warga dari 66 Kepala Keluarga di RT 2 RW 3 Dusun Sumberjambe, Desa Kandangan, yang terendam banjir. "Untuk ketinggian air yang masuk ke permukiman warga diperkirakan setinggi 30 cm," katanya.

Menurutnya, wilayah tersebut sering terjadi banjir karena kawasan tersebut berada dalam satu cekungan yang menghubungkan aliran-aliran sungai kecil.

Hingga Senin malam, kata Mujito, tim relawan masih berada di lokasi banjir untuk membantu warga membersihkan sisa material banjir. Banjir sendiri mulai surut sejak pukul 17.30 WIB. (rl/don)