Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-18 17:28:13

Dinkes Banyuwangi Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19 di Libur Nataru

WASPADA: Kepala Dinkes Banyuwangi, dr Widji Lestariono, meminta warga Banyuwangi untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 saat libur Nataru

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Dinas Kesehatan Banyuwangi mewaspadai penyebaran Covid-19 di wilayahnya, saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Terlebih, saat ini Banyuwangi masuk zona merah kasus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono, meminta warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap virus mematikan tersebut. Pihaknya akan melakukan sejumlah langkah, untuk meminimalisir kerumunan warga saat perayaan Nataru.

Baca Juga : Temui Komisi 2 DPRD, Pemilik Kafe Keluhkan SE Walikota Probolinggo terkait Jam Tutup Usaha

Nantinya, lanjut Widji, Pemkab Banyuwangi akan menerbitkan surat edaran (SE) bupati terkait perayaan natal dan tahun baru. “Tempat wisata termasuk salah satu objek yang harus meningkatkan kewaspadaan, dengan memperketat protokol kesehatan," kata dr Rio, sapaan akrabnya, Jumat (18/12020).

Baca Juga : 17 Warga Desa Kalibuntu Diswab Masal, 1 Tak Hadir

Rio menyampaikan, pada libur Nataru, operasi yustisi juga akan lebih ditingkatkan eskalasinya di tempat-tempat umum. Seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, kafe yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi.

"Aturan sudah dibuat. Perbup dan SE akan saling menguatkan. Sekarang tinggal penegakan aturan tersebut yang merupakan ranah satgas kecamatan dan Satpol PP dengan di-back up TNI-Polri," ungkapnya.

Karena itu, pria yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi ini mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi, Banyuwangi saat ini berada di zona merah Covid-19. “Penularan dan penyebaran penyakit ini sudah terjadi secara masif di mana-mana," pungkasnya. (peb/don)