Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-09 17:02:36

Disperindag Jember Hadirkan Pasar Murah di 31 Kecamatan, Ini Jadwalnya

ANTISIPASI: Disperindag menggelar Pasar Murah selama 3 pekan pada bulan Ramadan. Tidak hanya di pusat kota, gelaran Pasar Murah dilaksanakan di 31 kecamatan di Jember. Pasar Murah digelar untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok selama Ramadan hingga Lebaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jember menggelar Pasar Murah. Fasilitas ini diberikan pemkab dilakukan di 31 kecamatan selama bulan Ramadan 1443 Hijriyah.

Kabid Perdagangan Disperindag Jember Leon Lazuardy pada tadatodays.com mengatakan, gelaran pasar murah hari pertama digelar di kantor Kecamatan Rambipuji Kamis (7/4/2022). Pasar murah akan digelar selama tiga pekan. Yakni, 7 April hingga 28 April 2022.

Baca Juga : Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

“Per-harinya kita gelar di dua kecamatan. Hari pertama ini, kami gelar di Kecamatan Rambipuji dan Bangsalsari,” kata Leon usai pembukaan Pasar Murah. Lebih lanjut Leon menerangkan, gelaran pasar murah adalah langkah Disperindag untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok selama Ramadan hingga Lebaran mendatang.

Baca Juga : Dispora Jember Optimistis 15 Venue Porprov Jatim VII Siap Dipakai

SEMBAKO: Setiap stan yang dibuka Disperindag dalam kegiatan Pasar Murah menjual bahan pokok. Disperindag bekerjasama denga penyedia baha pokok untuk kemudian dijual dengan harga terjangkau.

Dalam gelaran pasar murah kali ini, Disperindag bekerjasama dengan sejumlah produsen dan juga distributor kebutuhan bahan pokok. Di antaranya beras, minyak goreng, telur, susu, gula pasir, dan beranega ragam bumbu dapur seperti bawang merah dan putih.

Untuk memenuhi kebutuhan beras, Disperindag menggandeng Bulog Subdivre Jember. Sementara kebutuhan sembako lain dipenuhi dengan melibatkan toko waralaba. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan gula pasir, pihaknya menggandeng Pabrik Gula (PG) Semboro.

JADI JUJUGAN: Warga memanfaatkan Pasar Murah untuk berbelanja kebutuhan bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

Pada edaran Pasar Murah, gula pasir hanya dibandrol dengan harga Rp 12.500 perkilogram. Harga tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasar yang mencapai Rp 14 ribu perkilogram.

Tak hanya kebutuhan pokok, Pasar Murah kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Lantaran Disperindag menggandeng sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi unggulan di kecamatan yang menjadi lokasi pasar murah. Termasuk juga toko pakaian anak-anak serta orang dewasa.

“Tujuan kami utamanya menjual bahan pokok (sembako, Red) dan terpenting lebih murah dari harga di pasaran,” katanya. Pantauan tadatodays.com pada gelaran Pasar Murah yang digelar di halaman kantor kecamatan Rambipuji, Kamis (7/4/2022), masyarakat terlihat antusias mendatangi pasar murah.

Sejumlah produk lokal produk UMKM Rambipuji tampak berjejer dijajakan. Diantaranya, ada jamu tradisional, aneka batik eco-print, anyaman bambu, dan juga makanan. Bagi yang ingin menikmati berbelanja di Pasar Murah Disperindag, tempat dibuka di halaman kantor kecamatan atau alun-alun Kecamatan, dari pukul 08. 00WIB – 13.00 WIB. (*/as/sp)