Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-06 14:43:46

Dituding Tidak Transparan, Ketua DPC PPP Respons Deklarasi 24 PAC

MEMBELA DIRI: Ketua DPC PPP Jember Madini Farouq menyebut gejolak di internal partainya bikinan orang yang ingin maju dalam musycab.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Internal DPC PPP Kabupaten Jember bergolak. Setidaknya, 24 ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PPP Jember yang tergabung dalam Forum Komunikasi PAC PPP Jember (Forkompac) mendeklarasikan penolakan Ketua DPC PPP Jember Madini Farouq yang akan mencalonkan kembali sebagai ketua.

Hal itu direspons pria yang akrab disapa Gus Mamak tersebut. “Saya anggap itu dinamika internal menjelang musycab. Kadang-kadang diwarnai fitnah dan berita hoax. Ada orang yang mau mencalonkan diri lalu dia menjelek-jelekkan DPC. Kemudian PAC-PAC ada yang termakan dengan isu dan berita tidak benar itu,” katanya.

Baca Juga : Jelang Muscab PPP Jember, 24 dari 31 PAC Inginkan Ketua Baru

Gus Mamak membantah seluruh tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Pihaknya, menerangkan, bahwa selama ini konsolidasi dan silaturahmi DPC kepada seluruh PAC berjalan sangat baik. Hal itu, dibuktikan dengan keberhasilan partai menghantarkan 5 kader terbaiknya duduk dikursi DPRD Jember.

"Tidak mungkin PPP meraih 5 kursi kalau tidak ada konsolidasi dan silaturahmi yang baik," katanya. Tak hanya itu, bukti berjalannya konsolidasi yang baik itu, ditandai pada saat partai berlambang Kakbah mengusung hingga berhasil memenangkan Hendy Siswanto dan Gus Firjaun sebagai Bupati dan Wabup Jember.

Perihal tudingan ketidaktransparansian keuangan partai, menurut Gus Mamak juga kurang tepat. Lantaran laporan keuangan memiliki mekanisme baku. Yakni, dalam bentuk Laporan pertanggungjawaban (LPJ) pada saat musyawarah cabang.

Sementara, terkait dana bantuan partai politik (Banpol) memiliki mekanisme yang lebih ketat. Setiap satu tahun sekali dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Pertanggungjawaban keuangan PPP selama ini wajar tanpa pengecualian,” ujarnya.

Ia menambahkan, keinginannya mencalonkan diri kembali sebagai ketua DPC, tergantung pada formatur yang terpilih pada musycab nanti. Gus Mamak mengaku, sudah tidak ada lagi ambisi sebagai ketua. Namun, jika formatur menghendaki dirinya kembali memimpin PPP Jember, maka dirinya mengaku siap. (as/sp)