Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-01 18:49:51

Diversifikasi Pangan, Diskopum Jember Fasilitasi UMKM Pangan

TINGKATKAN EKONOMI: Kepala Diskopum Kabupaten Jember Arysmaya Parahita menginginkan adanya diversifikasi produk pangan agar produksi petani Jember meningkat dari sisi keekonomiannya.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dalam rangka mendorong variasi makanan pokok, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Jember akan memfasilitasi proses produksi dan pemasaran UMKM pangan. Harapannya, upaya diversifikasi pangan bisa terwujud.

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Diskopum Kabupaten Jember Arysmaya Parahita saat gelaran Pasar  Murah Pangan Berkualitas di depan Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga : Studi Tiru Program Desa Digital, Pemdesa Bunutin Bali Kunjungi Desa Sidomulyo

Pejabat yang karib disapa Arysmaya itu menerangkan, selama ini petani yang ada di Kabupaten Jember terbiasa memproses hasil pertaniannya dengan cara lama. Yakni, tanam, panen, kemudian jual.

Baca Juga : Bupati Hendy Resmi Berangkatkan Mudik Gratis dari Jember ke Madura

Menurutnya, kebiasaan lama itu, harus diubah, dengan cara mendorong petani mampu memproses hasil pertaniannya ke dalam produk jadi atau produk siap konsumsi. “Proses pasca panen ini, kita arahkan ada produk berbasis agro (makanan, Red),” terangnya.

Pihaknya menyebut, kini terdapat sedikitnya 35 UMKM pangan yang tengah dibina oleh Diskopum agar terus meningkat kualitas dan kuantitas produksi olahan pasca panennya.

“Kepentingan kita (Diskopum,Red), UMKM berbasis pangan bisa terkonsolidasi. Baik dari sisi produksi maupun pasar,” terangnya.

Secara teknis, UMKM pangan yang dibina itu akan dilibatkan di setiap bazar. Baik di acara di Jember maupun acara yang digelar di luar Jember. Langkah itu menurut Arysmaya Parahita cukup efektif untuk mengenalkan produk olahan makanan. Mulai dari olahan berbagai macam kiripik hingga roti dengan varian rasa. (*/as/sp)