Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-23 18:12:14

DLH Jember Optimalkan Bank Sampah Kurangi Sampah dari Hulu

INOVASI: DLH Kabupaten Jember mendorong masing-masing desa memiliki Bank sampah agar pengelolaan sampah bisa dilakukan dari hulu.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Persoalan sampah selalu menjadi momok bagi masyarakat dan pemerintah, bila tidak ditangani secara tepat. Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember berinovasi mendirikan bank sampah di berbagai tempat di Kabupaten Jember, sebagai upaya meminimalisasi sampah dari hulu.

Koordinator TPA DLH Kabupaten Jember Masbut mengatakan bahwa, DLH sendiri telah memiliki 52 bank sampah unit dan satu bank sampah induk yang terdaftar. Sementara, ada sekitar 82 bank sampah lainnya yang belum terlegalitas. “Yang belum terlegalisasi, nanti kita cek,” kata Masbut, Rabu (23/3/2022). Target DLH ada 138 bank sampah pada tahun ini.

Baca Juga : Mahasiswa Soroti Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Probolinggo

Masbut menambahkan, jika dulunya sampah adalah momok yang mengganggu, dengan adanya bank sampah diharapkan memiliki nilai ekonomi. “Jika dulunya sampah itu menjijikan, untuk saat ini sampah menjadi hal yang menjanjikan,” katanya. Bank sampah dapat mengurangi sampah yang ada di hulu, dan dapat membantu memperpanjang masa TPA.

Baca Juga : Mahasiswa Jember Patut Dicontoh, Bersih-bersih Sampah Usai Demonstrasi

Kedepan, Masbut berharap semua desa di Kabupaten Jember memiliki bank sampah masing-masing. Outputnya dapat menghasilkan lapangan kerja baru bagi masyarakat. “Semoga ke depan di setiap desa dapat memiliki bank sampah, sekaligus dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat,” katanya. (*/bp/sp)