Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-08 17:48:36

Drainase di Kawasan Stadion Bayuangga Buruk

SALURAN AIR: Kondisi saluran air di kawasan Stadion Bayuangga kurang maksimal. Sehingga ketika wilayah tersebut diguyur hujan lebat, genangan pun terjadi dalam durasi yang cukup lama.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kondisi drainase di Kota Probolinggo tak sepenuhnya baik. Sejumlah ruas jalan masih kerap tergenang air dalam waktu yang cukup lama, meski hujan telah reda. Salah satunya di kawasan Stadion Bayuangga.

Bahkan, tingginya genangan air di selatan pintu masuk utama stadion membuat sepeda motor yang melintas mogok. Meski hujan mengguyur Kota Probolinggo terjadi pada Selasa (7/12) kemarin, namun hingga Rabu (8/12) genangan air masih terjadi.

Baca Juga : Gotong Royong Bangun Jembatan Alternatif di Gunggungan Kidul

Seperti yang dialami Yahya, 42, warga Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Motor Honda yang dikendarainya mogok karena kemasukan air, di ruas jalan timur stadion. Saat itu ia pulang dari salah satu pabrik di Jalan Brantas, Kelurahan Pilang, menuju rumahnya “Airnya masuk karburator,” katanya, Rabu (8/12/2021) siang.

Baca Juga : Belasan Tahun, Warga Mayangan Keluhkan Genangan Air

Menurutnya, genangan air terjadi karena tingginya curah hujan yang tinggi. Ditambah, kondisi drainase yang buruk dan kurangnya area serapan air.

Ia berharap supaya pemerintah setempat dapat memperbaiki atau memperlebar drainase. "Kalau tidak diperbaiki, setiap turun hujan lebat pasti terjadi genangan begini," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (PUPR Perkim) setempat, Asep Suprapto mengatakan, soal drainase pihaknya akan berkoordinasi dengan Bidang Bina Marga. "Besok saya cek mas," katanya. (ang/don)