Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-14 22:25:33

Dua Truk Rem Blong, Tiga Orang Terluka

REM BLONG: Bagian kepala truk yang menabrak ruko di kawasan Pasar Sempolan, Kecamatan Silo, Jember, kondisinya rusak parah. Akibat kecelakaan dua truk yang mengalami rem blong itu, tiga orang mengalami luka-luka.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Kecekalaan yang melibatkan dua truk gandeng bermuatan gula dengan nomor polisi P 9033 dan P 9754 UG, terjadi di kawasan Pasar Sempolan, Jalan Raya Jember-Banyuwangi, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jumat(14/1/2022), pukul 15.00 WIB. Kecelakaan itu diduga akibat rem blong.

Kapolsek Silo AKP Suhartanto mengatakan, kecelakaan tersebut menyebabkan 3 orang terluka. Seluruh korban telah dievakuasi ke RSD dr Soebandi, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

Ketiga korban tersebut yakni sopir dan kernet truk gandeng pertama berpelat P 9033 UG. Sedangkan satu korban lainnya belum diketahui, apakah kernet truk gandeng kedua atau warga sekitar.

Suhartanto mengatakan, kedua truk gandeng tersebut sama-sama bermuatan gula, dan melaju dari arah yang sama yakni dari Banyuwangi ke Jember. “Nah sesampainya di jalan turunan sebelum Balai Desa Sumberjati, kedua truk mengalami rem blong," katanya saat ditemui di TKP.

Ia menjelaskan, truk dengan nopol P 9033 melaju lebih dulu dengan kecepatan kencang. Tak lama kemudian, bagian gandengan truk tiba-tiba terlepas. Tak ayal, gandangan truk itu terguling di depan Balai Desa Sumberjati. Sementara bagian kepala truk terus melaju menuju Pasar Sempolan. “Menabrak lima ruko dan beberapa kendaraan,” katanya.

Sementara itu, untuk truk gandeng kedua berpelat P 9754 UG datang dari arah yang sama. Tiba-tiba, truk tersebut juga mengalami rem blong. "Sopir masih dapat mengendalikan (truknya), dan hanya menabrak tiang listrik di depan Balai Desa Sumberjati," ujarnya.

Selain mengakibatkan tiga orang terluka, kecelakaan ini juga mengakibatkan kemacetan hingga sejauh 4 kilometer kendaraan dari dua arah. “Karena muatan gula sampai tumpah di tengah jalan,” tuturnya.

Sementara, Samsul, 43, pemilik ruko mengatakan bahwa saat kejadian dirinya berada di dalam toko. "Tiba-tiba truk itu melaju dengan kencang dari arah timur, langsung menabrak bangunan (ruko) milik saya," kata Samsul.

Menurut Samsul, korban akibat kecelakaan itu tidak hanya sopir dan kernet truk. “Penjual tahu dan rombongnya ditabrak," ucapnya.

Samsul menyebutkan, ketiga korban telah dibawa ke RSD dr Soebandi. (bp/don)