Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-14 18:43:59

Empat Maskot Porprov Jatim 2022 Dampingi “Si Beki”

MASKOT: Empat maskot dari tuan rumah Porprov Jatim 2022, yaitu Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Maskot untuk Porprov Jatim VII 2022 tidak hanya ada Si Beki dari Pemprov Jatim yang dilaunching pada Selasa (14/6/2022) di Jember. Ada juga empat maskot dari empat daerah tuan rumah, yaitu Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso. Masing-masing maskot tentu dibikin dengan pesan kuat di dalamnya. 

Dari Kabupaten Jember ada maskot bernama Si Jura yang dilaunching pada 20 Desember 2021. Si Jura digambarkan sebagai Macan Raung yang sangat erat dengan masyarakat Jember sendiri.

Baca Juga : Jember Gurat Sejarah Baru, Juarai Sepak Bola Putra Porprov VII

Selain itu, Si Jura memiliki pemaknaan "Jember Juara" dengan gambaran sosok perkasa, eksotik dan indah. Pesan itu menjadi harapan agar atlet-atlet Jember dapat memenangkan cabang olahraga yang diperlombakan.

Baca Juga : Kabupaten Probolinggo Raih 3 - 3 – 1 Medali Porprov Jatim 2022

Dari Kabupaten Lumajang ada maskot “Si Rancak.” Maskot ini dilaunching 11 September 2021. Si Rancak memiliki kepanjangan "Si Jarang Kencak" yang juga menjadi gambaran dari kesenian khas lumajang.

Selain itu, Si Rancak yang membawa api obor, menjadi gambaran semangat juang, kelincahan, kecepatan, kekuatan dan semangat menjunjung tinggi sportifitas.

Kemudian ada maskot “Singo Ulung” dari Bondowoso, yang dilaunching pada 31 Januari 2022. Singo Ulung merupakan warisan budaya tak benda asli Bondowoso. Singo Ulung sendiri memiliki makna sebagai pembawa nilai kompetitif, semangat berjuang dan kemahiran pada bidangnya.

Yang terakhir adalah maskot "Sibabal" dari Kabupaten Situbondo yang dilaunching 5 Maret 2022. Maskot ini menjadi gambaran banteng Baluran yang terdapat di Taman Nasional Baluran. Sibabal memiliki makna sebagai semangat juang, gesit, tangguh dan kuat.

Maskot Sibabal juga mengirim pesan kepada publik agar mendukung pelestarian Banteng Jawa (Bos Javanicus) yang saat ini terancam punah.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, maskot ‘Sibabal’ diharapkan dapat memacu semangat dan kerja keras para atlet yang akan berlaga di ajang Porprov VII. Sehingga mereka mampu meraih prestasi gemilang dan meraih medali. “Kita yakin, upaya untuk mendapatkan medali emas dalam event Porprov  VII kali ini, akan mampu meningkatkan perolehan medali,” katanya.

Sementara, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melaunching maskot Si Beki mengatakan harapan agar 5 maskot yang dihadirkan mampu menjadi representasi kesuksesan penyelenggaraan Porprov Jatim 2022. "Semoga bisa merepresentasikan kesuksesan dalam penyelenggaraan, prestasi dan ekonomi," katanya. (bp/why)