Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-17 19:33:09

Faida Resmi Lengser, Kepala Dinas Pertanian Jatim Ditunjuk Jadi Plh Bupati

SERTIJAB: Faida dan Hadi Sulistyo melaksanakan proses serah terima jabatan. Hadi ditunjuk Gubernur Jatim Khofifah sebagai Plh hingga dilantiknya bupati terpilih.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Faida resmi lengser dari jabatannya sebagai Bupati Jember. Karena pelantikan bupati terpilih masih ditunda, Gubernur Jatim Khofifah menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Bupati. Adalah Hadi Sulistyo, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur ditunjuk sebagai Plh Bupati.

Hadi -sapaan akrabnya- resmi menjabat Plh setelah serah terima jabatan (sertijab) di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu (17/2/2021). Penunjukan Hadi Sulistyo sebagai Plh Bupati, sebelumnya dilakukan di Pemprov Jatim bersama 16 orang lainnya yang ditunjuk sebagai Plh di daerah yang kondisinya sama seperti Jember.

Baca Juga : Bupati Jember Ancam Tutup Pusat Perbelanjaan jika Tak Patuhi Prokes

SK penugasan itu sendiri diserahkan langsung Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak mewakili gubernur. “Saya tadi malam sudah mendapat surat tugas dari gubernur tentang jabatan sebagai Plh. Saya akan menjalankan tugas sehari-hari sebagai bupati, sembari menunggu pelantikan bupati terpilih,” kata Hadi usai serah terima jabatan.

Baca Juga : Bupati Jember Larang ASN dan Masyarakatnya Mudik

Selain menjalankan tugas rutin yang biasa dilakukan bupati, kata Hadi, ia juga akan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan pada Gubernur Jatim sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Saya tidak akan membuat kebijakan apapun, yang bisa merubah hukum, organisasi kepegawaian, atau alokasi anggaran,” ujarnya. Hadi mengatakan, jika nanti ada kebijakan strategis yang harus dilakukan, pihaknya akan berkomunikasi dengan gubernur.

Sebagai Plh, Hadi mengakui tidak punya kewenangan seperti bupati definitif. Ia berjanji juga akan membereskan miskomunikasi antar ASN yang muncul selama kepemimpinan Faida. Meski begitu, Hadi tetap mengapresiasi kepemimpinan Faida dan Kyai Muqit selama menjabat.

Sementara itu, Faida menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak selama ia menjabat. “Alhamdulillah serah terima jabatan ini saya ke Plh Bupati. Berarti sudah berakhir jabatan saya secara administratif. Terima kasih atas segala dukungan dan bantuannya,” katanya.

Faida mengungkapkan, setelah resmi tidak jadi bupati, Faida akan lebih sering berkumpul bersama keluarga dan melakukan kegiatan sosial. “Pesan saya untuk Plh. Bupati Jember, selamat menjalankan masa transisi ini,” kataya. (as/sp)