Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-04 18:22:59

Giant Jember Tutup Juli, Karyawan Pensiun Dini, Promo dan Diskon Besar-besaran

BORONG: Pengunjung Giant Jember memanfaatkan promo dan diskon besar-besaran, sebelum ritel tersebut ditutup pada Juli mendatang.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dampak covid-19 begitu terasa, tak terkecuali bagi dunia usaha ritel yang ada di tanah air. Pada Jumat (4/6/2021), manajemen PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) mengungkapkan semua gerai Giant akan ditutup pada Juli 2021.

Dari keputusan itu, para karyawan diberikan opsi untuk pindah bisnis unit seperti berpindah ke Hero supermarket, IKEA atau Guardian.

Namun 16 karyawan yang ada di Giant Jember memilih untuk pensiun dini, dikarenakan harus pindah ke kota lain yang ada ritel tersebut. Hal itu, sesuai dengan UU No 13 Tahun 2003. "Jadi mereka memilih mendapatkan uang pesangon," ujar Yopi Librianto selaku Store Manager, saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya.

Selain itu, Yopi mengatakan, Giant mengadakan promo heboh secara bertahap sebelum ditutup pada 23 Juli 2021. "Semuanya sudah dirancang oleh konsultan dari PT. Hero dengan sistem diskon yang bertahap," kata dia.

Giant berkomitmen untuk tetap menjaga hubungan baik dengn supplier walaupun sudah close. Semua barang yang diorder tidak diretur, namun diikutkan promo murah sampai habis. "Kecuali rokok, susu bayi di bawah 1 tahun itu tidak kami ikutkan," ujarnya.

Untuk promo tersebut, tahapan pertama dimulai pada 3 Juni, dan 8 Juni pada tahap kedua dengan diskon yang ditambah.  "Memang tahapannya kita mengosongkan barang dulu," kata Yopi.

Ia juga menjelaskan, barang yang dijual adalah barang yang belum expired karena sudah melewati prosedur dan ada keamanan food safety. "Untuk barang yang mendekati expired bisa dikembalikan, bisa kita musnahkan tidak kita jual," ujarnya.

Karena adanya promo tersebut, manajemen melakukan pembatasan jumlah masuk untuk para pengunjung hanya untuk 75 orang. Teknisnya, manajemen memberikan nomor antrean dan batasan jumlah orang di area dalam.

Apabila di area parkir sudah membeludak,  maka pintu masuk akan ditutup. (as/don)