Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-31 13:03:56

Gudang Penyimpan Tembakau Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 100 Juta

SI JAGO MERAH: Petugas pemadam kebakaran berjibaku menjinakkan api di dalam gudang, dan berhasil dipadamkan selama 2,5 jam.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Salah satu gudang di lokasi tempat penyimpanan daun tembakau siap kirim, tepatnya depan terminal, Dusun Tegalsari, Desa Tegalsari, Kecamatan Ambulu, terbakar pada Minggu (30/5/2021) sekira pukul 21.00 WIB.

Gudang yang terbakar itu berukuran 6 x 12 meter, dan menghanguskan tumpukan daun-daun tembakau dengan kerugian ditaksir Rp 50 - 100 juta lebih.

Baca Juga : Toko Sandal Terbakar, Kerugian Capai Belasan Juta

Beruntung tidak ada korban, dan hanya satu gudang tempat penyimpanan bagian timur yang terbakar. Sehingga tidak sampai membakar beberapa gudang tempat penyimpanan lainnya.

Baca Juga : Motor Satria Terbakar saat Mengisi BBM di SPBU

Namun demikian, terkait proses pemadaman dan pendinginan membutuhkan waktu 2,5 jam. Karena saat kejadian, posisi gudang tempat penyimpanan tembakau itu dalam kondisi terkunci dengan gembok.

Danru A Pos Damkar Ambulu Syamsullah Adi, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk proses pemadaman sempat mengalami kendala. Karena saat kejadian, gudang tempat penyimpanan tembakau itu dalam posisi terkunci dengan gembok. "Pemilik gudang tinggal di wilayah kota, jadi lama menunggu," katanya.

Untuk memudahkan pemadaman, petugas terpaksa menjebol dan membuka paksa gembok dengan waktu cukup lama. "Tapi dari luar sudah kita lakukan penyemprotan awal" ujarnya.

Terkait penyebab kebakaran, Syamsullah berdasarkan keterangan pemilik gudang bernama Toni, diduga karena adanya korsleting listrik pada bagian dalam gudang penyimpanan tembakau itu. "Tapi untuk penyebab pasti, masih diselidiki Polsek Ambulu," kata Syamsullah.

Kemudian isi dalam gudang yang terbakar, Syamsullah menambahkan, adalah tumpukan daun tembakau siap kirim dan sudah dipres dan sudah dalam kemasan karung berukuran ratusan kuintal. "Kerugian ditaksir 50 sampai 100 juta lebih itu," katanya.

Diketahui, gudang yang terbakar adalah satu gudang di bagian timur, dan tidak merembet ke gudang lainnya.

Dalam proses pemadaman, Damkar Ambulu dibantu Mako Damkar Pemkab Jember. (as/don)