Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-04 22:33:58

Gunung Semeru Erupsi Hebat, Tagana Kabupaten Probolinggo Berikan Bantuan Dapur Umum

BREAFING: Tim Tagana Kabupaten Probolinggo bersiap mengirimkan bantuan dapur umum di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Sebelum menuju Lumajang, Tagana lebih dulu melakukan breafing untuk memetakan lokasi bencana.

PROBOLINGGO, TADTODAYS.COM - Tagana Kabupaten Probolinggo bakal mengirim bantuan dapur umum, untuk bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang. Tagana dijadwalkan akan berangkat pada Sabtu (4/12) malam ini,   dengan membawa 10 personel dan barang logistik dapur umum yang dibutuhkan.

Koordinator Tagana Kabupaten Probolinggo, Antonius mengatakan pemberangkatan menunggu jika situasi lalu lintas di Kabupaten Lumajang sudah mulai lancar. "Informasinya di sana (lalu linas di Lumajang) masih semerawut," terangnya pada tadatodays.com.

Baca Juga : Pasca Erupsi Kedua, Gunung Semeru Naik Status Jadi Siaga

Ia menjelaskan, pihaknya bakal langsung menuju kecamatan yang paling terdampak, yaitu Kecamatan Candipuro. Hanya saja untuk pendirian dapur umum, masih akan ditentukan setelah sampai di lokasi.

Baca Juga : Suka Duka Relawan Pencari Korban Erupsi Semeru

Karena selain mencari lokasi yang aman dari abu vulkanik, pihaknya juga mencari lokasi dapur umum yang sekiranya tidak mengganggu proses evakuasi para koban erupsi Gunung Semeru. "Kita buka akses dulu," ucapnya.

Antonius mengatakan, bukan hanya dari Tagana Kabupaten Probolinggo saja yang diminta untuk berangkat ke Lumajang. Ada pula Tagana dari Kabupaten Malang, Pasuruan, Jember dan Kota Batu.

Namun untuk Jember dan Probolinggo bakal berangkat menuju Kabupaten Lumajang, sedangkan Pasuruan, Kota Batu bakal berangkat menuju Kabupaten Malang yang juga terdampak. "Terpecah di Jembatan Gladak Perak," katanya saat dikonfirmasi melalui panggilan Whatsapp.

Sementara, barang yang bakal dibawa adalah logistik dapur umum, termasuk makanan siap saji dan perlengkapan tidur. (zr/don)