Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-17 19:08:44

Hendak Curi Motor Pedagang, Maling asal Probolinggo Dihajar Warga

DIMASSA: Pelaku percobaan pencurian motor asal Probolinggo dihajar pedagang dan warga, saat hendak mencuri motor milik pedagang di Pasar Balung Kulon, Kecamatan Balung, Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - ES, warga Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo babak belur dihajar warga dan pedagang pasar, saat ketahuan akan mencuri motor. Aksi pencurian yang akan dilakukan pria berumur 47 tahun ini, terjadi di kawasan Pasar Balung Kulon, Kecamatan Balung, Jember, Kamis (17/6/2021) sekira pukul 3 dini hari atau jelang waktu salat subuh.

Aksi nekat pelaku dilakukan saat kondisi pasar mulai ramai. Pelaku mengincar motor Scoopy berpelat P 4133 GT milik seorang pedagang pasar.

Baca Juga : Usai Dihajar Warga saat Curi Motor Petani di Banyuanyar, Salah Satu Pelaku Meninggal

Namun nahas, belum sempat membawa kabur motor curiannya, aksinya diketahui tukang parkir dan langsung diteriaki maling. "Pelaku ini tadinya turun dari bus umum, lalu menuju ke tempat parkir," kata salah seorang penjaga parkir Pasar Balung Kulon, Nanang saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Baca Juga : Mencuri Motor Petani, Warga Lumajang Dihajar Massa

Nanang menjelaskan, saat itu pelaku hampir berhasil membawa kabur motor incarannya. Pasalnya, kunci T yang digunakan pelaku telah berhasil menghidupkan mesin motor.

Namun karena gerak geriknya mencurigakan, Nanang mendekati pelaku dan meneriakinya maling. "Saat itulah warga dan juga pedagang lainnya berdatangan mengamankan," katanya.

Karena teriakan maling itu, pelaku tidak bisa berkutik dan mendapat banyak bogem mentah. Oleh sejumlah warga dan pedagang lainnya, pelaku diamankan di kantor pasar, kemudian menghubungi Polsek Balung. "Sempat dijaga polisi, karena warga banyak yang mau menghajar karena geram," ujarnya.

Saat berada di Mapolsek Balung, pelaku langsung menjalani proses pemeriksaan. Pelaku diinterogasi polisi dan proses tersebut masih berlangsung.

Kapolsek Balung AKP Sunarto, membenarkan adanya aksi pencurian yang dilakukan pelaku. Namun pihaknya masih enggan memberikan konfirmasi lebih lanjut, karena masih proses penyelidikan. "Sudah kita amankan, dan sedang dilakukan pemeriksaan oleh unit Reskrim Polsek Balung," katanya. (as/don)