Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-22 19:53:26

Hiu Sepanjang 4 Meter Terdampar di Laut Selatan Jember

MAMALIA: Hiu sepanjang 4 meter ditemukan terdampar di laut selatan Jember, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bangkai Hiu Paus Tutul sepanjang 4 meter ditemukan terdampar di Perairan Laut Selatan, Dusun Njeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Jember, Kamis (22/4/2021).

Hewan laut bernama latin Rhincodon Typus itu ditemukan terdampar oleh warga, di dekat pipa saluran air tambak dusun setempat.

Baca Juga : Paus Mati Terdampar di Perairan Banyuwangi, Belum Dievakuasi

Jamil, anggota Kelompok Masyarakat Pengawas Kawasan Pesisir Kecamatan Gumukmas saat dikonfirmasi pada Kamis (22/4) petang mengatakan, Hiu paus tutul itu memiliki ukuran berat kurang lebih 5 kwintal, panjang 4 meter, dan lebar 70 cm.

Hiu tersebut kemungkinan berada di pinggir pesisir atau di perairan dangkal.

Jamil menduga, mamalia tersebut terdampar saat berburu plankton yang bermunculan di musim kemarau seperti saat ini.

Dalam perburuan hingga ke tepi itulah, kemungkinan terjerat jaring nelayan. "Dan tidak bisa kembali ke air yang dalam," katanya.

Kini, bangkai hiu itu telah diikat memakai tali supaya tidak timbul tenggelam diterjang ombak. "Rencananya nanti malam akan kami kuburkan," ujar Jamil.

Dari pantauan di lokasi, Pokmaswas Putra Lestari dibantu warga sekitar menjaga bangkai hiu tersebut supaya tidak diburu dan dicincang oleh pemancing atau orang tidak bertanggung jawab.

Lebih jauh Jamil mengatakan, setiap memasuki musim kemarau, sejumlah Hiu Paus Tutul banyak terdampar di perairan Dusun njeni.

Katanya, tahun lalu ada tujuh ekor hiu juga terdampar di lokasi yang sama. Namun warga bersama Pokwasmas setempat menghalaunya kembali ke laut meski ada juga yang mati.

Jamil juga mengatakan, pada tahun lalu itu diketahuinya juga ada dua ekor Hiu Paus Tutul yang ditemukan mati terdampar di Pantai Paseban, Kecamatan Kencong. Hewan itu berukuran sangat besar kurang lebih 7 meter dengan bobot 1 ton. (as/don)