Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-03 15:34:15

Ingat! Vaksin sebagai Antibodi, Bukan Mematikan Virus

PERLU TAHU: Dokter Angga, salah satu dokter spesialis paru di Jember, mengingatkan masyarakat bahwa vaksin tidak bisa mematikan Virus Corona tapi hanya menammbah imunitas.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Vaksin Covid-19 hanya sebagai penguat antibodi tubuh, dan bukan mematikan virus. Hal itu, disampaikan oleh dokter spesialis di Rumah Sakit Paru Jember, dr. Angga Madro Raharjo, Sp.P.

dr. Angga menerangkan, virus Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Terkait pemberian vaksin yang akan dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menekan angka penyebaran Covid-19, itu tidak kemudian menghilangkan atau mematikan Virus Corona."Hanya memperkuat imun tubuh," terangnya, Sabtu (2/1/2021) kemarin.

Baca Juga : Tidak Semua Nakes Disuntik Vaksin Tahap Pertama

Dokter yang juga dosen di Universitas Jember itu menyebut, pemberian vaksin Moderna atau Sinovac sama halnya dengan pemberian vaksin pada penyakit campak atau cacar kepada balita. Bagi mayarakat yang telah divaksin, menurutnya, secara otomatis memiliki antibodi yang baik terhadap serangan virus.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Pajarakan, Gending, Dringu Gencar Melakukan Tes Masal Antigen

Angga melanjutkan, meski bukan menghentikan virus, setidaknya bisa menekan angka kematian. “Karena si penderita tidak berat penanganannya kalau sudah divaksin," ungkapnya.

Ia melanjutkan, kesadaran masyarakat menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker,dan menjaga jarak, sangat penting untuk meminimalisir terjadinya ledakan besar pasien Covid-19. "Karena 3M cukup efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19," pungkasnya. (as/don)