Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-31 16:00:42

Ingin Bakar Ikan saat Malam Tahun Baru? Harga Ikan Melambung Lho

DIBURU: Sejumlah pembeli ikan tampak mengantre di TPI Puger.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Jelang momen malam Tahun Baru 2021, harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger, Kabupaten Jember naik hingga tiga kali lipat.

Harga ikan tongkol yang biasanya dijual Rp10 ribu per ekor, kini naik hingga 30-40 ribu rupiah. Kenaikan tiga kali lipat itu juga berlaku untuk jenis ikan lainya.

Baca Juga : Awas! Malam Tahun Baru Satgas di Probolinggo akan Operasi Yustisi

Sementara harga udang semula 40 perkilo ribu rupiah, kini mencapai 90 ribu rupiah.

"Harga ikan memang naik karena pembeli juga banyak dan tangkapan sekarang sepi, banyak nelayan yang belum berani melaut karena kondisi cuaca," kata Nursiyami, salah seorang pedagang di TPI setempat, Kamis, (31/12/2020).

Nursiyami mengatakan, selama tiga hari terahir pembeli sudah banyak yang berdatangan bahkan pembeli juga datang dari luar kota seperti dari Lumajang dan Bondowoso.

Meski harga melambung tiga kali lipat, tidak menyurutkan para pembeli yang datang.

Salah seorang pembeli bernama Saybah, asal Kecamatan Rambipuji mengaku, tidak keberatan meski harga ikan mahal. "Sudah paham kalau tahun baru pasti harga naik," ujarnya.

Saybah mengatakan, ikan yang dibelinya akan dibakar bersama keluarga pada saat malam pergantian tahun. Hal itu, menyusul adanya imbauan dari pemerintah tentang larangan berpergian ke tempat wisata pada saat malam tahun baru 2021. "Jadi bakar ikan dirumah bareng keluarga aja," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh pembeli asal Lumajang bernama Imron Wahyu. Dirinya sengaja membeli ikan ke TPI Puger karena bisa memilih ikan segar secara langsung. Menurutnya, ikan segar lebih enak jika dibakar dibandingkan ikan yang berasal dari tempat pendingin.

"Kalau disini bisa milih langsung yang masih segar, kalau ikan kulkasan kurang enak kalau dibakar," pungkasnya. (as/don)