Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-09 17:38:54

Isi 12 Jabatan Kosong, 35 Pejabat Pemkab Jember Jalani Uji Kemampuan Bidang

SELEKSI JABATAN: Ketua Pansel Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Jember Yuli Witono, menyebutkan bahwa uji kemampuan bidang menjadi ujian paling penting bagi 35 pejabat yang berebut untuk mengisi 12 jabatan kosong di lingkungan Pemkab Jember.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 35 pejabat di lingkungan Pemkab Jember jalani uji kemampuan bidang, dalam open bidding untuk 12 pos jabatan setingkat eselon II. Tes itu digelar di gedung SMPN7 Jember, Selasa (9/11/2021) siang.

Dalam uji kemampuan bidang yang dilaksanakan secara tertutup tersebut, para peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos dari uji kompetensi manajerial di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur, 25-26 Oktober 2021 lalu itu, diminta membuat makalah dengan tema yang disesuaikan pada bidang organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah dipilih oleh peserta.

Baca Juga : Kabar Gembira! Tenaga Non-ASN Jember Akan Naik Gaji

Di antaranya, pada bidang ekonomi tema makalah mengenai rencana strategis pemulihan ekonomi pada masa pandemi. Kemudian pada bidang OPD teknis, makalah yang harus dibuat adalah inovasi strategis program masa pandemi.

Sementara, untuk OPD yang membidangi Sumber Daya manusia (SDM) ditugaskan membuat makalah yang berkaitan dengan pengembangan SDM di Kabupaten Jember.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Jember, Yuli Witono, ditemui usai memantau jalanya ujian menerangkan, uji kemampuan bidang merupakan pos ujian paling penting. Karena, dari ujian tersebut, panitia dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan dari masing-masing peserta.

Sehingga, mereka yang dinyatakan lolos pada open bidding, nantinya memiliki klasifikasi kualitas terbaik di bidangnya. "Dari situ nanti pembangunan Jember bisa lebih cepat lagi," ujarnya.

Dosen Universitas Jember ini melanjutkan, semua makalah yang telah dibuat oleh para peserta akan dibedah dan diskusikan secara bergantian pada sesi tes wawancara, 13-14 November mendatang.

Kemudian, pada tanggal 15-16 November 2021, dilakukan tes kesehatan oleh tim medis rumah sakit daerah, untuk selanjutnya hasil penilaian Pansel yang telah dirangking diserahkan kepada Bupati Jember.

Terpisah, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, proses open biding yang dilaksanakan oleh Pansel merupakan langkah strategis demi terwujudnya birokrasi yang ideal dan dapat bekerja secara cepat.

Hendy mengaku membutuhkan tim yang baik untuk membawa Jember lebih baik. "Kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita butuh tim," kata Hendy.

Untuk diketahui, jabatan yang dilelang dalam open biding kali ini, di antaranya BKPSDM, BPKAD, Dispora, Disparbud, Dispemasdes. Kemudian, Diskominfo, DP3AKB, Dishub, dan Disperindag. Lalu, Dinas Cipta Karya, Dinas Tanaman Pangan, dan Disnaker. (as/don)