Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-02 06:42:08

J-KLAB Diharapkan Jadi Pusat Ide Kreatif Jember

J-KLAB: Jember Kreatif Laboratorium di Jl PB Sudirman Jember diharapkan mampu menjadi pusat ide kreatif.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember menginginkan gedung Jember Kreatif Laboratorium (J-KLAB) menjadi pusat ide kreatif di Jember. Terutama untuk menunjang kegiatan seni di masing-masing desa maupun kecamatan di Kabupaten Jember.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Disparbud Jember Harry Agustriono. Dia mengatakan bahwa J-KLAB ini menjadi ruang seniman untuk melakukan diskusi, berkreasi, perform, hingga memunculkan ide kreatif.

Baca Juga : J-Art Fest Tampilkan Komika Muda Jember

Disparbud Jember memastikan dukungan pada seniman Jember dengan melakukan kolaborasi dan mewadahi seniman yang ada. "Kebersamaan itu penting. Tidak ada yang paling hebat. Semuanya hebat.  Maka semuanya harus bisa memanfaatkan ini, kita wadahi," kata Harry kepada tadatodays.com di sela peresmian J-KLAB, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga : Dalang Muda Jember Pamerkan Wayang di J-Art Fest

Menurutnya, Disparbud akan melakukan pengelolaan gedung J-KLAB bersama para seniman. Selain itu, terkait agenda kegiatan di gedung J-KLAB, Harry mengatakan akan membuat penjadwalan dengan melibatkan Dewan Kesenian Jember (DKJ).

"Kita akan membuat semacam pengelolaan dengan seniman. Seniman di Jember kan banyak. Maka harus kita jadwalkan jika ingin melakukan perform. Nantinya DKJ yang akan membagi," ungkapnya.

Selain menjadi tempat perumusan ide kreatif, Harry berharap pada setiap desa maupun kecamatan dapat mengadakan festivalnya masing-masing. "Idenya disini (J-KLAB), eksekusinya di wilayah desa atau kecamatan-kecamatan. RTH kan ada, nanti juga bisa dimanfaatkan," katanya.

Dengan demikian, tambah Harry, wilayah-wilayah yang ada di Jember juga dapat terdampak secara signifikan melalui penguatan sektor pariwisata dan ekonomi. "Saya berharap, kesenian di masing-masing wilayah dapat hidup dengan mengadakan festival. Selain itu, dapat menguatkan sektor ekonomi dan pariwisata. (bp/why)