Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-04 18:17:49

Jadi Tuan Rumah Porprov Jatim, Disparbud Siap Promosikan Wisata Jember

OPTIMALISASI WISATA: Kepala Disparbud Jember Harry Agus Triono meginventarisasi wisata di Kabupaten Jember untuk mendukung perhelatan Porprov Jatim 2022. Tak hanya wisata alam, juga termasuk wisata kuliner dan wisata buatan.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember getol mempromosikan sejumlah destinasi wisata yang ada di Jember. Hal itu di antaranya sebagai bentuk dukungan pada penyelenggaraan Porprov Jawa Timur 2022 yang rencananya akan digelar Juni mendatang. Di mana Jember jadi tuan rumah utama.

Kepala Disparbud Jember Harry Agus Triono mengungkapkan, sebagai langkah awal, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pengelola tempat wisata. “Kami koordinasi dengan pengelola wisata, apakah sudah siap untuk dikunjungi oleh wisatawan. Terutama para atlet dan official,” katanya, Senin (4/4/2022).

Baca Juga : Porprov Kurang Sebulan, JSG Belum Rampung Diperbaiki

Menurutnya, persiapan yang diperlukan tidak hanya sebatas fasilitas, namun secara operasional dan berdasarkan standar protokol kesehatan. Setelah melakukan inventarisasi, Disparbud akan mengkroscek situasi dan kondisi di lapangan. Hal itu untuk memastikan secara langsung dan melakukan evaluasi.

Baca Juga : Studi Tiru Program Desa Digital, Pemdesa Bunutin Bali Kunjungi Desa Sidomulyo

 “Kalau memang ada hal yang diperlukan, kita beri masukan untuk perbaikan dan pembenahannya,” terangnya. Hal tersebut dilakukan, agar seluruh tempat wisata benar-benar siap menerima kunjungan dari wisatawan dan mampu memberikan pelayanan yang optimal. Sehingga tidak mengecewakan pengunjung.

Hingga saat ini, Disparbud belum memastikan jumlah destinasi wisata yang siap untuk dikunjungi saat perhelatan Porprov Jatim 2022 nanti. Nantinya, tak hanya wisata alam yang akan direkomendasikan kepada pengunjung dari luar kota, namun wisata buatan dan kuliner juga menjadi perhatian Disparbud Jember.

Pemkab Jember serius memanfaatkan event Porprov untuk pengembangan sejumlah sektor, terutama pariwisata. Seperti diketahui, beberapa minggu lalu Pemkab Jember, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah bekerjasama dengan pihak ketiga. Yakni program angkutan kota Sultan untuk moda transportasi wisata. (*/as/sp)