Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-15 12:07:51

Jadi Tuan Rumah Porprov Jawa Timur VII, Dispora Jember Target 3 Sukses

SIAP GELAR: Venue GOR Argopuro juga sudah disiapkan oleh panitia lokal Porpov Jatim di Jember. Bupati Hendy menginstruksikan jajarannya tidak hanya menargetkan juara umum, namun juga sukses sebagai penyelenggara.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Pemuda dan Olahraga Raga (Dispora) Kabupaten Jember menargetkan tiga sukses sekaligus dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII, yang akan digelar pada pertangahan tahun 2022. Yakni, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan juga sukses ekonomi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jember Murdiyanto, saat ditemui tadatodays.com, Jumat (11/02/2022). “Sebagaimana arahan dari bapak Bupati (Hendy Siswanto, Red), kita akan fokus pada tiga sukses itu. Sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan juga sukses ekonomi,” terangnya.

Baca Juga : Jadi Tuan Rumah Porprov Jatim, Disparbud Siap Promosikan Wisata Jember

Karena itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema untuk merealisasikan target tersebut. Di antaranya, menyiapkan venue yang baik serta panitia lokal yang profesional. Perbaikan yang telah dimulai sejak akhir tahun lalu itu, kata dia, kini telah mencapai 90 persen.

Sejumlah venue yang tengah disiapkan yakni Stadion Jember Sport Garden (JSG), Gelanggang Olahraga (GOR) Argopuro, GOR PKPSO, lapangan tenis Kaliwates, Stadion Notohadinegoro, dan kolam renang Keboagung.

CEK KESIAPAN: Bupati Hendy memeriksa kesiapan venue di Jember Sport Garden, salah satunya fasilitas toilet yang menjadi sarana penting.

Murdiyanto menuturkan dalam gelaran Porprov Jawa timur VII kali ini Kabupaten Jember akan menjadi tuan rumah bersama Situbondo, Lumajang, dan Bondowoso. Dalam rangkaian Porprov Jember ditunjuk sebagai lokasi pembukaan. Untuk itu, pihaknya mengaku akan memberikan pelayanan terbaik dalam gelaran 4 tahunan tersebut.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jember untuk menggembleng atlet yang akan didelegasikan. Sementara untuk sukses ekonomi, Dispora juga akan menggandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jember. “UMKM kita libatkan untuk menyiapkan oleh-oleh khas Jember atau merchandise,” ujarnya.

Dispora juga telah melaunching maskot Porprov Jatim VII yang diberi nama “Si Jura”, akronim dari Jember Juara, Senin (20/12/2021). Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, maskot Si Jura terinspirasi harimau Jawa dan mitos ‘Macan Raung’ atau harimau di Gunung Raung yang menunjukkan kekuatan Jember.

Dalam perhelatan tersebut, Hendy juga menargetkan Jember meraih juara umum. “Saya menginginkan Jember menjadi juara umum Porprov 2022. Karena itu, harus disiapkan dari sekarang,” jelasnya. Diketahui, pada Porprov Jatim kali ini terdapat 46 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di Porprov Jatim VII 2022.

Di antaranya, aeromodeling, anggar, angkat berat, angkat besi, atletik, balap sepeda, basket, biliar, bola tangan, dan bola voli indoor. Kemudian, bridge, bulutangkis, catur, dansa, drumb,  futsal, gulat, hoki, judo, jujitsu. Ada juga karate, kempo, kick boxing, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, para layang, pencak silat, pentaque.

Selain itu, ada juga renang kolam, renang ows, sambi, selam, senam, sepak bola, sepak takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, Tenis lapangan, tenis meja, tinju, voli pantai, woodball, dan wushu. Jember sendiri akan menjadi venue untuk 18 cabor. Sementara 28 cabor lainnya dibagi untuk tuan rumah yang lain. (*/as/sp)