Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-31 21:00:43

Jaga Stok Darah selama Ramadan-Syawal, PMI Jember Bakal Safari Donor Darah

DONOR: PMI Kabupaten Jember sudah menyiapkan kegiatan safari donor daerah usai salat tarawih di bulan Ramadan mendatang. Langkah itu untuk menjaga stok darah selama bulan puasa hingga bulan Syawal tahun ini. (foto: dokumentasi PMI Jember)

JEMBER, TADATODAYS.COM - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember gencar melakukan kegiatan donor darah. Hal itu untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama bulan Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah.

Ketua PMI Kabupaten Jember, EA Zaenal Marzuki mengatakan bahwa pada saat memasuki bulan Syawal biasanya tidak ada orang yang melakukan donor darah. Untuk itu, PMI Jember akan gencar menggelar kegiatan donor darah selama Ramadan.

Baca Juga : Stok Plasma Kovalesen Aman di PMI Kabupaten Probolingo

Nah, dalam kegiatan donor darah selama Ramadan, PMI Jember menargetkan mendapat 5000 sampai 6000 kantong darah. Jumlah itu berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya yang hanya membutuhkan 3500 kantong darah.

Zaenal mengatakan, dari total 3500 kantong darah itu sekitar 500 kantong disiapkan untuk membantu PMI di wilayah jejaring yang mengalami kekurangan stok darah. Seperti, PMI Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Situbondo, dan Banyuwangi. Terlebih, PMI Jember menjadi koordinator jejaring PMI wilayah tapal kuda.

Zaenal menuturkan, untuk itu, PMI Jember akan melakukan safari donor darah dengan berkeliling ke setiap masjid yang ada di Jember. "Terkait proses donor darahnya dilakukan setelah salat tarawih," ujarnya, Kamis (31/3/2022).

Menurutnya, safari donor darah itu dilakukan setiap Desember saat Hari Raya Natal dan pergantian tahun baru. "Kalau masuk Natal dan tahun baru juga sama, sedikit yang berdonor namun kebutuhan meningkat," katanya. (bp/don)