Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-20 14:53:38

Jelang Lebaran, Dinkes Jember Sidak Toko Pastikan Keamanan Pangan

PROTEKSI: Kepala Dinkes Jember Lilik Lailiyah berdiskusi di sela-sela sidak pertokoan. Pihaknya ingin memastikan bahwa produk yang beredar di pasaran aman dikonsumsi.

JEMBER,TADATODAYS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan ke sejumlah toko yang berada di wilayah kecamatan dalam kota, Rabu (20/04/2022). Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan pangan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Dalam sidak yang juga melibatkan Polres Jember, Satpol-PP, dan Disperindag tersebut, ada sejumlah temuan yang didapatkan tim. Di antaraya, sejumlah makanan kemasan dijual tidak sesuai kode produksi, label produksi pangan Industri Rumah Tangga, serta kemasannya.

Baca Juga : Disidak DPRD, Venue Porprov Belum Ada yang Rampung

Toko-toko yang mejual makanan tidak sesuai aturan pemasaran tersebut, langsung didata untuk selanjutnya dilakukan pembinaan. “Yang belum sesuai akan kita bina. Kita berikan pemahaman soal syarat ketentuan penjualan, seperti bagaimana labeling, atau kode kemasan.” Kata Kepala Dinkes Jember Lilik Lailiyah.

Baca Juga : Cegah Hepatitis, Dinkes Akan Bina Pedagang Kampus

Sidak itu dilakukan Dinkes sebagai langkah pengawasan produk makanan yang beredar menjelang lebaran. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga keamanan pangan dan sebagai wujud perlindungan Dinkes pada masyarakat Jember.

Lebih lanjut, Lilik mengimbau agar masyarakat selektif saat membeli produk makanan kemasan. Dengan begitu, masyarakat tetap mengkonsumsi produk layak makan. “Masyarakat juga harus selektif, diamati semuanya. Mulai dari kemasan sampai informasi produk,” jelasnya. (*/as/sp)