Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-24 16:04:25

Jelang Peparprov, NPCI Jember Gelar Latihan Mandiri

TETAP SEMANGAT: Atlet disabilitas yang tergabung dalam National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Jember, saat latihan di Stadion Jember Sport Garden (JSG) pada Rabu (24/3).

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 15 atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Jember, mulai melakukan pelatihan secara mandiri di stadion Jember Sport Garden (JSG), Rabu (24/3/2021). Latihan mandiri itu digelar untuk mempersiapkan tim yang akan berlaga di Pekan Paralympian Provinsi (Peparprov) Jawa Timur 1, pada bulan Mei 2021 mendatang di Surabaya.

Keterbatasan alat dan perlengkapan pun, tidak menjadi penghalang bagi atlet NPCI untuk mempersiapkan atlet difabel agar bisa meraih prestasi di ajang tersebut.

Kusbandono, Ketua NPCI Jember saat dikonfirmasi di lokasi latihan menyampaikan, pihaknya berencana akan menerjunkan atletnya di tiga dari empat cabor yang diperlombakan di Peparprov Jatim 1.

Tiga cabor itu, meliputi cabang atletik nomor lari 100 dan 400 meter putra putri disabilitas daksa dan tuli, lompat jauh putra putri disabilitas daksa dan tuli, tolak peluru putra disabilitas daksa dan netra, serta bulutangkis putra disabilitas daksa dan catur disabilitas netra.

Cak Kus, sapaan akrabnya, optimis pada gelaran Peparprov kali ini Jember bisa naik pringkat dari posisi 8 Jawa timur ke peringkat yang lebih tinggi.

Apalagi pada tahun 2019, NPCI Jember sempat mengejutkan banyak pihak dengan meraih satu medali emas cabang olahraga atletik nomor 200 meter putra disabilitas daksa tanpa sokongan APBD sama sekali. Untuk itu, ia berharap dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan prestasi. “Terutama Pemerintah Kabupaten Jember,” kata Cak Kus.

Ia menambahkan, dukungan mendesak yang diperlukan oleh pihaknya yakni ketersediaan sekretariat NPCI Jember, alat latihan, dan asupan gizi yang memadai. “Serta akomodasi saat menuju tempat event," ujarnya. (as/don)