Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-22 17:26:54

Jember Gelar Festival Jember Kota Cerutu Indonesia 2022

CERUTU: Press conference event Festival Jember Kota Cerutu Indonesia 2022 yang dipimpin langsung Bupati Jember Hendy Siswanto.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Kabupaten Jember kembali menggelar event besar. Setelah sukses menjadi salah satu tuan rumah Porprov VII Jawa Timur, kini Jember siap menggelar event Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) 2022. Event bertaraf internasional ini digeber untuk memperkuat brand Jember sebagai Kota Cerutu.

Kesiapan penyelenggaraan Festival JKCI 2022 ini disampaikan dalam jumpa pers panitia penyelenggara bersama Pemkab Jember di Ruang Panca Karana, Lantai 1 Pendopo Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga : Bupati Jember Imbau Kurban Tidak Pakai Kantong Plastik, DLH: Kotoran Jangan Dibuang ke Sungai

Ketua panitia yang sekaligus pemilik Pabrik Boss Image Nusantara (BIN) Cigar Jember Febrian Ananta Kahar menjanjikan event ini sebuah gebrakan event bertaraf internasional. Event ini untuk memperkuat brand Jember  sebagai Kota Cerutu.

Baca Juga : Bupati Hendy Berangkatkan 905 CJH Jember secara Bertahap

"JKCI tahun ke 4 ini akan diselenggarakan pada hari ini sampai Minggu besok, karena potensi tembakau di Jember sangat besar," ujar Febri dalam Jumpa pers. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, menurut Febri, event kali ini tidak hanya mengangkat kekayaan tembakau Jember, namun juga ada fashion show. "Kita akan hadirkan juga fashion show di ladang tembakau yang ini nanti menjadi satu-satunya, dan pertama kali di dunia," imbuhnya.

JKCI juga akan dihadiri oleh perwakilan duta besar dari 10 negara, salah satunya Cuba yang merupakan pelopor tembakau terbaik. "Kita sebelumnya 4 duta besar, kini akan ada 10 duta besar, salah satunya Cuba," terangnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto mengapresiasi adanya event Festival Jember Kota Cerutu Indonesia 2022 yang mengusung tema Jember Kota Tembakau. Ia berharap dengan hadirnya tamu-tamu dari mancanegara diharapkan mampu memberi dampak ekonomi yang cukup besar.

"Kami berharap mereka membeli cerutu kita dan tertarik dengan Jember, yang diwujudkan dalam kerja sama, kontrak kerja, atau juga MoU," ujar Hendy.

Selanjutnya, panitia mengharapkan peningkatan penjualan produk melalui event JKCI 2022. Jika sebelumnya Rp 11 miliar, diharapkan meningkat menjadi Rp 15 miliar. (#-1/as/why)