Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-17 16:35:41

Jika Tuntutan Tak Dipenuhi, Buruh PT MJS Ancam Demo Lagi

TAK PUAS: Perwakilan buruh PT MJS saat audiensi dengan perwakilan DPRD Kabupaten Probolinggo, dan mengancam akan kembali menggelar demonstrasi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Ratusan buruh pabrik olahan kayu PT. Mandiri Jaya Sukses Indo (MJS), telah menggelar demonstrasi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo, Kamis (17/12/2020). Tapi ratusan buruh itu mengancam akan kembali melakukan demonstrasi, apabila tuntutan mereka tidak dipenuhi oleh DPRD.

Selain karena permintaan tuntutan agar dipenuhi, ancaman demo susulan itu diungkapkan lantaran para buruh tidak bertemu dengan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Probolinggo. Diketahui, demonstrasi itu dilakukan lantaran buruh kecewa dengan pernyataan Komisi IV terkait kondisi PT MJS, pasca kunjungan kerja Komisi IV ke PT MJS pada 25 November 2020 lalu.

Baca Juga : Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Positif Covid-19

"Kita tidak puas, kita akan ultimatum, kita akan lakukan aksi kembali jika mereka (Komisi IV) tidak mengklarifikasi,” ujar Tomi Angga Widiatmoko, koordinator aksi, saat audiensi dengan perwakilan DPRD di sela-sela demonstrasi.

Baca Juga : Tak Direspons Soal Audiensi, Aliansi BEM Banyuwangi Demo Kantor Bupati

Tomi menyampaikan, Komisi IV datang ke PT MJS hanya beberapa jam, dan tidak menelusuri lebih dalam terkait kondisi pabrik. “Dia hanya mengetahui secara sepihak saja kemudian berstatement, itu yang kita sayangkan," keluhnya.

Ia berpendapat, DPRD seharusnya memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah agar semua kegiatan investasi lebih berkembang. Ketika berkembang, lanjut Tomi, maka perusahaan akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. “Alhasil, tingkat pengangguran akan semakin rendah,” kata Tomi.

Sementara, Lukman Hakim, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Probolinggo mengatakan, ketidakhadiran anggota Komisi IV karena ada pekerjaan lain yang juga tidak dapat ditinggalkan.

"Saya yang ditugaskan untuk mewakili (Komisi IV) dan menampung aspirasi kalian (para buruh, red),” kata Lukman.

Politisi PKB itu berjanji akan menyampaikan aspirasi kepada Pimpinan Dewan dan Komisi IV.

Seperti yang diberitakan tadatodays.com sebelumnya, ratusan buruh pabrik olahan kayu PT. MJS melakukan aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Kabupaten Probolinggo, Kamis (17/12/2020). Aksi tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam dan berjalan aman. (zr/don)