Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-10 22:52:33

KA Jember-Banyuwangi Kembali Beroperasi, Ini Aturan Baru Soal Rapid Test

PERDANA: Daop 9 Jember mengoperasikan kembali rute lokal Jember-Ketapang setelah sebelumnya ditutup sementara. Ini jalur lokal pertama yang kembali dibuka.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Kereta Api (KA) lokal Pandanwangi relasi Jember-Ketapang kembali beroperasi sejak Minggu (9/8/2020). KA Pandanwangi merupakan KA lokal pertama yang beroperasi di masa pandemi covid-19. Menariknya, ada aturan baru yakni tidak diwajibkannya hasil rapid test bagi penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Mahendro Trang Bawono menjelaskan, KA Pandanwangi kembali dioperasikan dengan rute dan jam keberangkatan yang sama layaknya sebelum pandemi covid-19.

Baca Juga : 115 Penumpang KA dari Stasiun Jember Gagal Berangkat karena Reaktif

“Sehari empat kali keberangkatan 2 dari Jember dan 2 lagi dari stasiun ketapang Banyuwangi,” kata Mahendro kepada tadatodays.com, Senin (10/9/2020). Lebih jauh Mahendro menjelaskan tak seperti KA jarak jauh, KA Pandanwangi penumpangya tak perlu menyertakan dokumen hasil rapid test atau swab test covid-19.

Baca Juga : Truk Muat Kayu Puluhan Ton Dihantam KA, Begini Kondisi Sopir

Penumpang cukup membeli tiket, menggunakan lengan panjang, masker, dan lolos uji suhu tubuh maksimal 37,3 derajat celcius. “Untuk perjalanan KA lokal tak perlu dokumen protokol, penting masker sama baju lengan Panjang,” terangnya.

Menurut Mahendro, dioperasikannya kembali KA Pandanwangi berdasarkan evaluasi dan kebutuhan masyarakat terhadap angkutan KA. Karena selama masa pandemi, baru KA jarak jauh yang dioperasikan Daop 9 Jember.

Selain KA Pandanwangi, Daop 9 Jember juga kembali membuka KA Wijayakusuma pada 7 Agustus 2020 dengan rute Ketapang-Cilacap dan sebaliknya. Mahendro menambahkan, untuk KA jarak Jauh persyaratannya tetap sama. Penumpang wajib menyertakan dokumen bebas covid-19 yang ditunjukan dari hasil swab test atau rapid test.

Hanya saja sejak tiga hari terakhir, untuk penumpang yang akan berangkat dari statiun Jember bisa memanfaatkan rapid test murah dengan biaya Rp 85 ribu di stasiun. Jam pelayanan rapid mulai dari Pukul 08.00-15.00 WIB. (as/sp)