Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-21 15:28:46

Kasus Covid-19 Melandai, Pemkab Jember Tetap Kebut Vaksinasi

KEBUT VAKSINASI: Pemkab Jember melalui Dinas Kesehatan saat melakukan pencanangan vaksinasi dosis lanjut (booster). Walau kasus Covid-19 melandai, Pemkab Jember tetap ngebut mencapai target vaksinasi booster.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Penyebaran kasus Covid 19 di Kabupaten Jember melandai. Namun, ini tidak serta merta menggugurkan kewajiban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk terus mengejar capaian vaksinasi dosis dua dan tiga atau booster yang masih di bawah target nasional.

Sebagaimana dikonfirmasi oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, bahwa capaian vaksinasi dosis dua di Kabupaten Jember saat ini telah menyentuh 68 persen. Ini masih akan terus dikejar untuk memenuhi target nasional di 70 persen.

Baca Juga : Gagalnya LPP APBD 2021 Tidak Bisa Ganjal Pembahasan APBD 2023

"Ini memang sulit. Sekarang (vaksin dosis dua, red) ya kurang 2 persen saja. Makanya, kita kebut supaya terus bisa terpenuhi targetnya," ujar Bupati Hendy.

Baca Juga : Mantan Kepala dan Kabid di BPBD Jember Tersangka Pemotongan Honor Pemakaman Pasien Covid-19

Sedangkan untuk capaian vaksinasi dosis tiga atau booster, menurut Bupati Hendy, masih minim. Oleh karenanya, ia meminta kepada Dinas Kesehatan untuk segera melakukan percepatan proses vaksinasi.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dr Lilik Lailiyah saat dikonfirmasi terpisah menjelaskan, bahwa saat ini capaian vaksinasi booster masih di kisaran 14 persen. "Padahal, target sebelumnya itu bisa mencapai 30 persen, tetapi ini masih belum tercapai," jelasnya.

Adapun target yang harus dipenuhi untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity adalah 50 persen vaksinasi booster. Oleh karenanya Dinkes Jember terus melakukan upaya percepatan dengan menggandeng elemen yang ada.

"Jadi kita minta kepada seluruh faskes yang ada di Jember untuk tetap melakukan vaksinasi booster, bagi pengunjung yang belum vaksin akan segera dilayani di tempat," pungkasnya.

Kendati masih terdapat satu atau dua orang yang terpapar, Lilik menyampaikan bahwa kondisi penyebaran Covid 19 di Kabupaten Jember saat ini telah melandai. "Ini biasanya orang Jember, yang berada di luar kota yang terpapar," kata Lilik.

Meski begitu, masyarakat Jember diharapkan untuk senantiasa taat protokol kesehatan, dan segera melakukan vaksinasi, apabila belum, untuk mempercepat langkah menuju herd immunity.

Lilik menambahkan, stok vaksin di Kabupaten Jember masih cukup banyak, sekitar 72 ribu dosis. Dengan demikian, masyarakat bisa segera mendapatkan vaksin. (*/#-1/as/why)