Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-09 19:40:04

Ketahuan Mencuri Mixer Pengeras Suara Masjid, Pria di Jember Diamuk Massa

BABAK BELUR: YD, saat diamankan warga usai ketahuan mencuri mixer di dalam masjid. Selanjutnya, pelaku dibawa ke Mapolsek Jenggawah. (foto: istimewa)

JEMBER, TADATODAYS.COM - Hendak mencuri alat pengeras suara masjid, seorang pria berinisial YD, warga Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari, Jember menjadi korban amuk massa warga Dusun Langsatan, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung, Rabu (9/6/2021) sore.

Pria berusia 30 tahun itu, jadi bulan-bulanan massa setelah tepergok akan mencuri amixer pengeras suara yang ada di dalam Masjid Baitul Mustaqim, dusun setempat.

Baca Juga : Dua Sapi Indukan Milik Warga Kedungsupit Dimaling, Pemilik Merugi Rp 35 juta

Aksi amuk massa yang dialami pelaku terekam video amatir dan tersebar di media sosial whatsapp. Video tersebut berdurasi 1 menit 55 detik.

Baca Juga : Hendak Curi Motor Pedagang, Maling asal Probolinggo Dihajar Warga

Dalam video itu, tampak sejumlah orang mengamankan pelaku dan membawanya ke Mapolsek Jenggawah.

Kanit Reskrim Polsek Jenggawah Aiptu Akhmad Rinto, membenarkan kejadian tersebut. "Iya benar, terduga pelaku diserahkan kepada kami," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan takmir masjid tertangkapnya pelaku berawal dari kecurigaan takmir yang mengetahui pelaku tiba-tiba masuk ke dalam masjid. Padahal, saat itu bukan waktu salat.

Setelah diintai, ternyata pelaku kedepatan hendak membawa mixer. Dari situlah kemudian takmir masjid meneriaki pelaku maling hingga pelaku lari kalang kabut. "Pelaku sempat lari ke belakang masjid tetapi berhasil ditangkap," ujarnya.

Setelah dimintai keterangan, pelaku mengakui perbuatannya. Bahkan ia juga mengakui bahwa dirinya telah mencuri di delapan lokasi berbeda.

Barang yang dicuri beragam. Mulai dari alat pengeras suara hingga pompa air yang berada di masjid.

Guna penyelidikan lebih lanjut terkait aksi pelaku itu, saat ini pelaku tengah di tahan di Mapolsek Jenggawah. "Saat ini melengkapi bahan keterangan," katanya. (as/don)