Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-20 16:11:03

Kirab Obor, Gowes Jember-Lumajang, Hingga Pameran UMKM Meriahkan Gebyar Pra Porprov

OPTIMISTIS SUKSES: Kepala Dispora Kabupaten Jember Murdiyanto optimistis rangkaian kegiatan Porprov VII di Jember sukses. Di antaranya kirab obor, gowes Jember-Lumajang, hingga pameran UMKM.

TADATODAYS.COM, JEMBER - Panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII menyiapkan sejumlah event untuk memeriahkan gelaran tersebut. Di antaranya Gowes Road Bike dengan rute Jember-Lumajang dan juga pameran Uaha Mikor Kecil Menengah (UMKM).

Rencananya, event tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jember Hendy Siswanto. “Event tersebut digelar agar perhelatan Porprov semakin meriah,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember Murdiyanto, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga : Meski Diterpa Badai Cedera, Panahan Jember Sukses Raih 5 Medali

Rencananya, gowes digelar 11 atau 14 Juni 2022. Diperkirakan, ada seribu peserta yang turut serta. Mereka berasal dari komunitas pesepeda dan masyarakat umum. Acara semakin meriah karena panitia menyiapkan doorpize dengan nilai total Rp 40 juta.

Baca Juga : Jember Gurat Sejarah Baru, Juarai Sepak Bola Putra Porprov VII

Sedangkan pameran UMKM akan digelar di alun-alun Jember. Pemeran UMKM merupakan upaya mendorong geliat pertumbuhan ekonomi pasca pandemi. “Semua UMKM yang merupaka binaan Diskopum, Disperindag, dan Kadin akan dilibatkan,” katanya.

Selain itu, agenda sakral seperti kirab obor api abadi yang diambil dari kawah Ijen digelar 18 Juni 2022. Obor api abadi itu akan dikirab di empat daerah. Mulai dari Bondowoso, Situbondo, Lumajang, kemudian Jember untuk kemudian menjadi api penyambut di pembukaan Porprov jatim VII pada tanggal 25 Juni 2022 malam.

Pihaknya menambahkan, sebagai tuan rumah utama, Pemkab Jember khususnya Dispora yang menjadi leading sector gelaran Porprov akan bekerja secara maksimal. Sehingga tiga sukses yang diinginkan bisa terwujud. Yakni, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan juga sukses ekonomi dapat benar-benar terwujud.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Jatim Muhammad Nabil  saat meninjau Jember Sport Garden (JSG), Kamis (19/04/2022) mengatakan, gelaran Porprov yang kini digelar setiap dua tahun sekali bukan sekedar sebagai ajang perlombaan olahraga saja.

Tetapi Porprov juga bertujuan memberikan  multiplier effect untuk kemajuan daerah-daerah di Jawa Timur. Terutama yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Khususnya di sektor pariwisata dan dunia usaha. “Karena spirit dalam Porprov juga ada sport tourism dan sport industry,” jelasnya. (*/as/sp)