Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-11 14:15:02

Korban Erupsi Semeru Ditemukan Tinggal Tulang di Dalam Eskavator

KORBAN ERUPSI: Dua orang relawan mengeluarkan jenazah korban erupsi Gunung Semeru, yang ditemukan di dalam eskavator di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Tim evakuasi korban erupsi Gunung Semeru kembali menemukan korban meninggal. Kali ini, korban ditemukan di dalam alat berat eskavaator, di area pertambangan Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu (11/12/2021), sekira pukul 12.30 Wib.

Jenazah kemudian dievakuasi ke RSUD dr. Haryoto Lumajang, menggunakan ambulans milik relawan organisasi Salam Aid dari Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga : Pasca Erupsi Kedua, Gunung Semeru Naik Status Jadi Siaga

Wahyu Febrianto, relawan Salam Aid Bogor mengatakan, jenazah korban ditemukan dalam kondisi tinggal tulang belulang. Hanya tempurung kepala saja yang utuh. “Karena sudah satu minggu tertimbun abu vulkanik di kedalaman 3 sampai 4 meter,” ujarnya, saat mengantar jenazah ke RSUD dr Haryoto.

Baca Juga : Siswa SD di Probolinggo Lelang Lukisan untuk Korban Semeru

Ia menjelaskan, di Dusun Kamar Kajang, sudah ada dua jenazah yang ditemukan. Sementara menurut informasi yang diterimanya, di Dusun Renteng juga ada dua jenazah yang ditemukan oleh tim SAR.

Wahyu menyebutkan, proses pencarian dan evakuasi korban terkendala medan yang ekstrem. Ditambah lagi panasnya abu vulkanik, cuaca yang tidak mendukung dan aktivitas Gunung Semeru yang tidak stabil. “Dikhawatirkan ada erupsi susulan,” katanya.

Sementara saat mengevakuasi korban, relawan dan tim SAR juga terkendala tebalnya material abu vulkanik. “Harus menggunakan eskavator untuk menggali,” tutur Wahyu. (zr/don)