Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-17 21:54:56

KPU Jember Fasilitasi Alat Peraga dan Bahan Kampanye

JAMIN: Komisioner KPU Jember Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Andi Wasis menegaskan untuk APK dan BK bapaslon akan difasilitasi.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Jelang kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, KPU Kabupaten Jember meminta tim pemenangan bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati menyiapkan desain untuk alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK).

Komisioner KPU Jember Bdivisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Andi Wasis saat ditemui tadatodays.com mengatakan, nantinya setiap pasangan calon akan mendapatkan fasilitas dari KPU.

Baca Juga : KPU Kota Pasuruan Larang Paslon Kampanye di Libur Maulid Nabi

Yakni, APK dalam bentuk baliho sebanyak 5 buah dan umbul-umbul sebanyak 20 buah. Sementara untuk BK yang disiapkan KPU berupa pamflet, poster, dan flayer sebanyak 216.045 buah.

Baca Juga : Ketika Pemilik Nama Tuhan di Jember Lebih Akrab Disapa Pak Farida

“Kita meminta pada para tim paslon untuk menyiapkan desainnya. Sengaja jauh-jauh hari agar ada cukup waktu untuk menyiapkan desain yang sesuai dengan aturan KPU,” terangnya, Kamis (17/9/2020).

Nantinya, kata Andi, hasil desain itu akan diperiksa kembali. Kamudian jika dinyatakan telah sesuai ketentuan, akan segera dicetak oleh tenaga pemenang lelang dibawah pantauan KPU Jawa Timur. Namun, untuk pemasangan APK dan BK diserahkan kepada masing-masing tim Paslon.

Andi menyebut, dalam desain yang diminta KPU, paslon tidak boleh membuat narasi kampanye bernuansa ujaran kebencian, hoax, dan kampanye negatif lain yang berbau SARA.

Selain itu, berdasarkan pleno KPU Jember, 14 hari sebelum masa tenang paslon juga diperboleh melakukan kampanye dalam bentuk video atau bentuk digital lainya. Asalkan tetap mematuhi ketentuan sebagaimana yang diatur dalam PKPU.

“Terkait titik pemasangan, saat ini kami koordinasi dengan Satpol PP. Kalau sudah masuk masa kampanye, tim paslon bisa segera memasang,” pungkasnya. (as/sp)