Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-22 19:10:32

KPU Jember Tetapkan Hendy-Gus Firjaun Sebagai Paslon Terpilih

PLENO: Paslon Hendy-Gus Firjaun ditetapkan sebagai calon bupati dan cawakil bupati Jember terpilih oleh KPU Jember.

JEMBER  TADATODAYS.COM - Pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Jember nomor urut 02, Hendy Siswanto dan Balya Furjaun Barlaman atau Gus Firjaun, ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati Jember terpilih hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020. Tahapan penetapan oleh KPU Jember itu digelar pada Jumat (22/1/2021), di salah satu hotel di Jember.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, paslon Hendy-Gus Firjaun memperoleh suara 489.794 atau sebesar 46,60 persen dari jumlah suara sah sebanyak 1.051.171.

Baca Juga : DPRD Jember Gelar Paripurna Pengumuman Pemenang Pilkada

Ketua KPU Jember, Mohammad Syai'in mengatakan, penetapan  bupati dan wakil bupati dilaksanakan setelah dipastikan tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari paslon lain.

Baca Juga : DPRD Jember Segera Usulkan Pelantikan Hendy-Gus Firjaun

Syai'in menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jember, yang telah terlibat aktif membantu proses pilkada hingga selesai.

Pihaknya juga bersyukur, meski proses pemilihan dilaksanakan dalam masa pandemi namun selama tahapan pilkada tidak ditemukan hambatan yang berarti. "Berjalan aman, lancar dan kondusif," ungkapnya.

Sementara itu, anggota KPU Jawa timur, Gogot Cahyo Baskoro, yang hadir mendampingi proses rapat pleno mengapresiasi kinerja KPU Jember.

Gogot mencatat, dalam pilkada tahun 2020 ini terdapat peningkatan partisipasi pemilih dari 52,16 persen meningkat menjadi 58,51 persen.

Ia mengatakan, sebelumnya banyak orang menyoroti pilkada Jember karena sempat terjadi suasana yang tidak kondusif. "Tapi hasilnya tidak ada gugatan, tidak ada catatan kluster covid baru, dan partisipasi meningkat," ungkap Gogot.

Dikonfirmasi di lokasi penetapan, cawabup terpilih, Hendy, mengaku lega karena akhirnya dirinya secara sah ditetapkan sebagai bupati terpilih. "Alhamdulillah, kami benar-benar ditetapkan sebagai yang terpilih," ujarnya.

Hendy menyampaikan, sebelum pelantikan dirinya pada 17 Febuari 2021 mendatang, pihaknya akan konsolidasi dengan semua pihak, termasuk membangun komunikasi bersama paslon nomor urut 01 dan 03. "Hal itu dilakukan untuk membangun Jember kembali," terangnya.

Diketahui, dalam Pilkada Jember 2020 Hendy-Gus Firjaun diusung koalisi Partai Nasdem, Gerindra, PKS, PPP, dan Demokrat. (as/don)