Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-14 22:08:48

Kueren! TPA Pakusari Disulap Jadi Tempat Wisata Edukasi

INSTAGRAMABLE: Lahan seluas 1,7 hektare di TPA Pakusari, Kabupaten Jember disulap menjadi tempat wisata edukasi dengan dibuatnya taman dan replika dinosaurus. Kini, TPA Pakusari menjadi salah satu jujugan warga Jember untuk menikmati wisata lokal.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah dikenal kotor dan bau, itu sudah biasa. Namun, menjadi luar biasa jika TPA tempatnya bersih dan menjadi tempat edukasi bagi anak didik.

Ya, hal itulah yang telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jember. DLH Jember berhasil mengubah kesan kumuh TPA Pakusari menjadi wisata edukasi yang unik. Ada replika dinosaurus, dan spot-spot menarik lainnya. Tempat edukasi di TPA Pakusari itu luasnya sekitar 1,7 hektare.

Baca Juga : Massifkan Program Peduli Lingkungan, DLH Jember Bina 140 Sekolah Adiwiyata

Koordinator TPA Pakusari, Masbut mengatakan semua bahan dan material yang digunakan untuk wisata edukasi di TPA Pakusari berbahan sampah daur ulang. “Hal ini sebagai edukasi bagi masyarakat bahwa sampah jika diolah dengan baik dapat bermanfaat,” katanya, saat kegiatan peninjauan Bupati Jember Hendy Siswanto ke TPA Pakusari, Senin (14/3/2022).

Baca Juga : DLH Jember Optimalkan Bank Sampah Kurangi Sampah dari Hulu

Selain tempat edukasi, lanjutnya, TPA Pakusari juga bisa digunakan oleh warga sebagai spot foto yang bagus. Pasalnya, di dalam TPA terdapat replika dinosaurus yang terbuat dari ban bekas. Ada juga bangunan rumah sederhana yang terbuat dari botol plastik.

Masbut menuturkan, per harinya TPA Pakusari menerima sampah sebanyak 187 ton. Menurutnya, dengan jumlah yang cukup besar itu perlu adanya pengolahan sampah secara maksimal.

Ke depan, Masbut berharap adanya penurunan jumlah sampah di Kabupaten Jember. "Kalau masyarakatnya sudah dapat diedukasi dengan baik, saya yakin volume sampah yang ada di Jember menurun," katanya. (*/bp/don)