Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-21 17:21:19

Lakukan Lelang Perdana, Pemkab Jember Ingin Produk UMKM Lebih Dikenal

SIAP DUKUNG: Dukungan diberikan Bupati Hendy Siswanto pada kegiatan lelang produk UMKM. Ia mengimbau agar kegiatan semacam ini rutin digelar. Bahkan Hendy mengaku akan mengerahkan OPD untuk menyukseskan program tersebut.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemkab Jember menggelar lelang perdana produk UMKM di Taman Edukasi Wisata Botani yang ada di Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Minggu, (20/2/2022). Pemkab Jember menggandeng PT Solusindo Sinergi Lelang untuk menyelenggarakan lelang produk unggulan yang ada di Kabupaten Jember.

Tak tanggung-tanggung, lelang perdana produk UMKM tersebut menembus transaksi sebesar Rp 46 juta. Padahal harga dasar dari 22 produk yang diikuti 67 peserta itu hanya Rp 23 juta. Karena it, Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku bangga dengan adanya inisiatif untuk melelang produk UMKM tersebut.

Baca Juga : Pemkab Jember Fasilitasi 30 Motor untuk Pengawas Pendidikan

Baca Juga : Jalan Diportal PT Imasco, Pemkab Ancam Jalur Hukum

APRESIASI: Bupati Jember Hendy Siswanto bersama pelaku UMKM saat lelang perdana produk mereka. Dalam lelang tersebut, harga produk pelaku UMKM di Jember laku lipat dua dari harga dasar.

"Untuk mencintai produk yang dimiliki sendiri, harus ada inovasi dalam penjualan. Terbukti, produk kita tidak kalah. Karena itu, masyarakat harus bangga dengan produk-produk lokal,” katanya. Bupati yang akrab disapa Hendy itu mengatakan, memang perlu adanya sedikit sentuhan agar produk Jember memenangkan pasar.

Hendy juga mendorong kegiatan lelang ini dilakukan secara rutin. Pihaknya siap mendukung dan akan mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meramaikan kegiatan tersebut. Termasuk mengoptimalkan peran pemkab melalui Dinas Koperasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Sementara itu, Direktur PT Solusindo Nurul Ikhsan dalam sambutannya mengatakan, lelang perdana ini digelar sebagai wadah untuk meningkatkan nilai produk UMKM. “Harapannya, pelaku UMKM bangkit secara ekonom. Kami juga berharap pemkab memberikan support agar program semacam ini bisa terus dilakukan,” jelasnya. (*/bp/sp)