Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-11 13:55:23

Lakukan Sidak di Pasar Semampir, Satgas Covid Temukan 13 Warga Madura

COVID MADURA: Petugas langsung melakukan test rapid antigen terhadap warga Madura, yang kedapatan berada di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jumat (11/6) pagi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menemukan pengunjung di Pasar Semampir asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jumat (11/4/2021). Sebanyak 13 orang warga Madura itu langsung dilakukan rapid tes antigen, pada pukul 09.00 WIB.

Diketahui, sidak khusus itu dilakukan lantaran kasus Covid-19 di Madura saat ini naik secara signifikan.

Baca Juga : Gedung DPRD Jember Lockdown, Pembahasan LPP APBD 2020 Ditunda

Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas setempat, Ugas Irwanto mengatakan, 13 orang tersebut baru datang ke  Probolinggo melalui jalur darat, dan lolos saat melewati jalur Jembatan Suramadu.

Baca Juga : Satu Anggota Dewan Jember Positif Covid-19, Parlemen Swab Masal

13 orang itu terdiri dari 9 santri baru yang hendak mendaftarkan diri ke salah satu pesantren di Kecamatan Kraksaan. Sementara 4 orang lainnya merupakan ibu-ibu yang mengantar para santri tersebut.

Saat terciduk, mereka kedapatan tidak memakai masker. Sehingga satgas langsung melakukan swab antigen dan dilanjut dengan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Jika hasilnya positif, maka akan dilakukan isolasi di rumah sehat Kabupaten Probolinggo. "Sambil kita koordinasi dengan Pamekasan," katanya, disela-sela pemeriksaan.

Disamping itu, Juru bicara Satgas, dr. Dewi Vironica menuturkan, selain isolasi pihaknya akan mengirim warga Madura itu ke Surabaya untuk dilanjut dengan tes genome sequencing. Itu untuk mendeteksi apakah virus yang ada pada tubuh mereka merupakan murni virus lokal, atau virus varian baru. "Sesuai instruksi pusat," tutur pejabat yang karin disapa dokter Viro ini.

Sementara itu, staf Pasar Semampir, Melati mengaku kalau pihaknya tidak mengetahui kedatangan warga Madura tersebut. Padahal sebelum terciduk, pihaknya sudah melakukan pengumuman kepada pedagang pasar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. "Woro-woro itu kita lakukan setiap hari," katanya.

Diketahui, pada Jumat (11/6) sekira pukul 07.00 WIB, satgas juga melakukan sidak di Pelabuhan Kalibuntu untuk mengantisipasi adanya kapal layar asal Madura yang datang. Lalu, sidak berlanjut ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pasar Kalibuntu. 

Namun dua tempat itu dalam keadaan sepi. Sehingga Satgas melanjutkan sidak ke Pasar Semampir. (zr/don)