Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-12 22:59:48

Lapas Probolinggo Gagalkan Penyelundupan Narkoba dalam Bingkisan Tahu

DIBORGOL: Dua orang pengunjung yang diduga menyelundupkan paket narkoba dalam bingkisan tahu langsung diamankan petugas Lapas Probolinggo, Rabu (12/5).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Lapas kelas llB Probolinggo mengungkap kasus penyeludupan paket narkoba yang dimasukkan dalam bingkisan tahu, yang dibawa oleh 2 orang pengunjung pada Rabu (12/5/2021) sekira pukul 16.00 WIB. Bingkisan tahu berisi narkoba itu dipesan oleh 2 orang narapidana.

2 orang pengunjung itu merupakan warga Kota dan Kabupaten Pasuruan. Pertama, seorang perempuan berinisial S dan laki-laki yang mengaku tukang ojek namun tak disebutkan namanya. Sedangkan 2 orang napi yang memesan narkoba tersebut berinisial N dan I.

Baca Juga : Nyambi Pengedar Sabu, Sopir Travel dan Ojol Dibekuk Polres Probolinggo Kota

N sebelumnya merupakan pelaku kasus pencurian dengan kekerasan, selanjutnya tertangkap kembali terkait kasus begal kendaraan. Sementara, I tersangka kasus narkoba. Keduanya merupakan narapidana pindahan dari Lapas Pasuruan.

Baca Juga : Empat Kadesnya Diciduk Polisi Gegara Sabu, Begini Respons Bupati Hendy

Kepala Lapas Probolinggo Risman Somantri, menjelaskan, pengungkapan ini bermula dari 2 orang pengunjung yang hendak menemui N dengan membawa bingkisan tahu. Sebelum memasuki lapas, kedua orang itu diarahkan oleh petugas ke sistem pengamanan ganda, mulai dari pendaftaran seseorang dan barang yang akan dikirimkan.

Saat dalam proses pemeriksaan barang, muncul kecurigaan dari petugas pemeriksa terhadap barang yang dibawa 2 orang tersebut. Setelah masuk lapas, barang tersebut selanjutnya digeledah dan ditemukan dugaan barang jenis narkoba. "Isi tahunya ada barang yang dibungkus plastik dan isolasi warna merah, dan petugas menduga ada narkoba," kata Risman, setelah mendapat informasi dari anggotanya.

Selanjutnya, Risman berkoordinasi dengan Kasat Resnarkoba Polres Probolinggo Kota, Suharsono. Selanjutnya, kasus tersebut diserahkan ke Polres Probolinggo Kota.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Probolinggo Kota, Suharsono mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari lapas pihaknya langsung bergegas mendatangi tempat kejadian perkara. Untuk mengungkapkan kasus temuan narkoba tersebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. "Kita akan kembangkan lagi," katanya. (ang/don)