Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-12 17:18:58

Lebaran Tiba, Jasa Cuci Kendaraan Ketiban Berkah

MOMENTUM: Jasa cuci kendaraan diserbu konsumen dalam momentum lebaran. Biasanya, sebelum digunakan untuk silaturahmi pemilik kendaraan menginginkan kendaraan mereka bersih.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM – Momen Hari Raya Idul Fitri 1442 hijriah, membawa berkah bagi pemilik jasa cuci kendaraan di Probolinggo. Sejumlah tempat cuci mobil dan motor kebanjiran konsumen. Banyak konsumen yang hendak mencuci baik mobil ataupun motornya, guna keperluan hari raya.

Yasin, salah satu pemilik tempat cuci mobil yang berada di wilayah Kecamatan Paiton, mengaku ramainya tempat cuci mobil miliknya ini sudah terjadi tiga hari yang lalu. Sejak itu, sekitar 70 hingga 90 mobil yang datang ke tempat cuciannya tersebut.

Baca Juga : Selama Lebaran, Polres Probolinggo Siapkan Posyan, Pospam dan Pospan

Hanya saja, jumlah itu tidak lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, pihaknya dapat mencuci lebih dari 100 mobil. Di tempatnya ini, orang yang mencuci mobil lebih banyak dibanding motor. "Kalau motor 10 sampai 15 orang saja," katanya, disela-sela mengurus cuciannya pada Rabu (12/5/2021).

Baca Juga : Libur Lebaran telah Tiba, tapi Tempat Wisata Ditutup

Karena ramainya konsumen itulah, ia harus mengerahkan seluruh karyawannya yang berjumlah 10 orang. Sebelumnya, karyawan tersebut bekerja secara bergantian untuk bekerja dengan sistem per sif lima orang lima orang. Namun karena ramai konsumen, seluruh karyawannya harus lembur.

Beruntung, tempat cuci mobil miliknya ini mempunyai lahan yang cukup luas. Sehingga meski ramai, antar pemilik kendaraan masih bisa berjaga jarak saat menunggu mobilnya yang dicuci. "Kami siapkan tempat duduknya," katanya.

Walaupun pengguna jasa cuci kendaraan sedang ramai-ramainya, pihaknya tetap bekerja seperti biasanya sesuai dengan tahapan-tahapan pencucian. Bahkan tarif yang ia patok tidak mengalami kenaikan, yakni Rp 10 ribu untuk motor dan Rp 35 ribu untuk mobil.

Sementara itu, Samsul Arif, salah satu pengguna jasa di tempat milik Yasin, mengaku sudah langganan mencuci mobilnya di tempat tersebut.  Nah, di momen lebaran ini, mobil jenis Toyota Rush miliknya sengaja dibersihkan untuk dibawa bersilaturahmi. "Biasanya ke keluarga (dalam) kecamatan saja," kata pemuda asal Desa Randumerak, Kecamatan Paiton ini. (zr/don)