Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-13 22:04:24

Lestarikan Ekosistem Sungai di Jember, Tebar Ribuan Benih Ikan

LINGKUNGAN: Menjaga kelestarian sungai tidak hanya dilakukan dengan menjaganya dari sampah. Dinas Perikanan Jember juga melakukannya dengan menebar benih ikan secara berkala.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dalam upaya melestarikan ekosistem ikan air tawar, Dinas Perikanan Kabupaten Jember menebar sedikitnya 77 benih ikan jenis wader di sejumlah aliran sungai di Kabupaten Jember. Penebaran benih ikan itu dilakukan pada Senin (13/12/2021) sore.

Ada tiga aliran sungai yang ditebar benih ikan wader. Di antarnya, Sungai Bedadung di bawah Jembatan Jalan Imam Bonjol Kecamatan Kaliwates, Sungai di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi, dan Sungai Mayang Kecamatan Mayang.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pelaku Usaha pada Dinas Perikanan Jember, Nurul Hidayah mengatakan, tebar benih ikan air tawar ini sebagai upaya untuk menjaga ekosistem sungai yang telah dilakukan Dinas Perikanan sejak tahun 2009.

Setiap tahunnya, tak kurang dari 200 ribu - 300 ribu ekor ikan air tawar yang ditebar. Seperti ikan wader, tawes, nilem, baderbang, juga sengkaring yang ditebar secara berkala.

Menurutnya, tebar benih secara berkala cukup efektif untuk menjaga dan atau mengembalikan endemik ikan air sungai. “Saat ini keberadaannya terancam,” kata pria yang akrab disapa Cak Oyong itu.

Cak Oyong menyebutkan, penyebab kerusakan ekosistem ikan endemik air sungai cukup beragam. Mulai dari banyaknya sampah domestik yang dibuang sembarangan ke sungai. Ada pula penangkapan ikan dengan cara diracun dan alat sentrum.

Oleh karena itu, selain peran pemerintah dalam hal menjaga ekosistem ikan sungai, juga dibutuhkan peran masyarakat. "Kalau tidak menjaga ekosistem sungai bisa berhadapan dengan hukum, dan bisa dilaporkan ke aparat penegak hukum,” ujarnya.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai. Salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai. (as/don)