Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-09 19:14:09

LSI Denny JA: Kefiguran Hendy-Gus Firjaun Sebabkan Kemenangan

RILIS: Peneliti LSI Denny JA senior, Rully Akbar, saat menjelaskan penyebab kemenangan paslon Hendy-Gus Firjaun versi LSI Denny JA

JEMBER, TADATODAYS.COM - Lembaga Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA telah merilis hasil kemenangan 47,95 persen pasangan calon Hendy Siswanto-Balya Firjaun Barlaman di Pilkada Jember.

Data quick count LSI Denny JA yang diperoleh dari 260 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Jember itu, terungkap dalam rilis resmi LSI Denny JA yang diselenggarakan di ball room Hotel Aston, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga : Saksi Dua Paslon Tak Tandatangani Hasil Rekap, KPU Jember: Tidak Mengurangi Keabsahan

Peneliti senior LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, kefiguran Hendy Siswanto dan Balya Firjaun Barlaman lah yang memberikan efek elektoral sehingga perolehan suara paslon nomor urut 02 itu naik secara signifikan.

Baca Juga : Bawaslu Jember Perkirakan Akan Ada Pengajuan Gugatan ke MK

Pihaknya menyebut, Hendy Siswanto yang pernah menjabat di Kementerian Perhubungan RI jauh sebelum perhelatan Pilkada, telah melakukan gerakan sosial berupa pembagian makanan gratis untuk buka puasa di masjid-masjid besar yang ada di Kabupaten Jember.

“Gerakan itu, telah Hendy lakukan bertahun-tahun tanpa pamrih. Hal itulah, yang membuat sosok Hendy Siswanto dikenal sebagai figur yang humanis,” paparnya

Selain itu, lanjut Rulli, prestasi Hendy selama bekerja di Kementerian Perhubungan cukup membuktikan bahwa Hendy adalah sosok yang layak untuk memimpin Jember 5 tahun kedepan.

Kemudian, sosok yang mendampingi Hendy, yakni Balya Firjaun Barlaman atau akrab disapa Gus Firjaun, yang merupakan putra bungsu mantan Rais Aam PBNU KH Achmad Siddiq sangat memberikan efek elektoral khususnya bagi warga Nahdhatul Ulama (NU) di Kabupaten Jember.

Rully mengatakan, meski secara struktural dukungan NU tidak mengarah kepada Hendy-Gus Firjaun, tapi pihaknya yakin dukungan NU kultural dengan bekal kefiguran ulama Gus Firjaun sangat memberikan dampak yang cukup signifikan.

Terpisah, di hadapan para pendukungnya Hendy Siswanto dan Gus Firjaun telah mendeklarasikan kemenangan.

Dalam sambutannya, Hendy menyatakan siap memimpin Jember. Ada tiga hal yang akan Hendy lakukan jika resmi menjadi Bupati Jember yakni, bekerja dengan cara sinergi, kolaborasi dan akselerasi.

"Kita butuh bekerjasama dan kita butuh cepat atau akselerasi, karena lapar tidak boleh menunggu harus segera ditangani," katanya, disambut sorak para pendukungnya.

Pada kesempatan yang sama, Gus Firjaun sembari menangis mengucapkan terimakasih kepada para pemilihnya. Gus Firjaun yang juga pengasuh Ponpes Asshiddiqi Putra (Ashtra) Jember itu, mengungkap bahwa selama proses kampanye berlangsung tanpa diduga banyak sekali ulama dan kiyai se-Kabupaten Jember yang mendukungnya.

"Saya terimakasih kepada ulama kiyai semua yang dengan diam diam tanpa pamrih ikut mendukung dan berdoa untuk kami" ucapnya sembari tersedu-sedu. (as/don)