Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-31 21:45:25

Menteri Desa PDTT Sebut Dukungan Jokowi 3 Periode Urusan Apdesi

RESPONS: Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyebutkan bahwa soal dukungan Jokowi 3 periode merupakan urusan internal Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Karena deklarasi itu merupakan salah satu aspirasi warga negara, Abdul Halim menyatakan tidak akan memberikan sanksi kepada Apdesi.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI Abdul Halim Iskandar, berkunjung ke Kabupaten Jember pada Kamis (31/3/2022). Dalam kunjungannya itu, Abdul Halim memberikan tanggapan mengenai sikap Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang mendeklarasikan dukungan Jokowi Presiden 3 periode.

Menurutnya, deklarasi yang dilakukan Apdesi merupakan sebuah aspirasi dari warga negara. Oleh karenanya, tidak ada sanksi bagi yang terlibat di dalamnya. "Aspirasi kok disanksi," katanya, saat berada di Pendapa Kabupaten Jember ditemani Bupati Jember Hendy Siswanto, Kamis (31/3/2022).

Abdul Halim menyebutkan, soal dukungan 3 periode kepada Presiden Jokowi merupakan urusan internal Apdesi. Oleh karenanya, selaku Mendes PDTT ia tidak akan terlibat dalam isu yang sedang berhembus itu.

Politisi PKB itu mengatakan, saat ini dirinya tengah sibuk dalam agenda pembangunan sumber daya manusia (SDM) di tingkat desa melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa. Khususnya peningkatan kapasitas kepala desa, pendamping desa, sekretaris desa dan pengelola Bumdes.

Skemanya, adalah mereka diberi beasiswa untuk menempuh pendidikan cepat di perguruan tinggi negeri terdekat selama dua tahun pada bidang khusus yang diminati. "Ini program kita bawa ke Jember, semoga bisa jalan," katanya. (as/don)