Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-02 22:00:17

Miliki GOR Khusus Tenis Meja, Jember Ajukan Jadi Venue Porprov 2022

TARGET: Setelah dimanfaatkan oleh atlet tenis meja binaan PTMSI Jember, KONI setempat selanjutkan akan mengajukan Gor Bima menjadi venue cabor tenis meja dalam Porprov 2021 mendatang.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Kabupaten Jember kini memiliki gedung olahraga khusus tenis meja bernama GOR Bima, di Jalan Majapahit, Kelurahan Kaliwates Kidul, Kecamatan Kaliwates. Dengan adanya tempat latihan khusus itu, Pemkab Jember berharap agar bisa menjadi tuan rumah pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2022 mendatang.

Ketua KONI Jember Abdul Haris Afianto, Saat dikonfirmasi mengatakan, GOR Bima memiliki 10 meja tenis meja dan fasilitas pendukung lainnya. Sehingga, menurut Haris, fasilitas itu sudah memenuhi kriteria lengkap bagi cabang olahraga yang berasal dari Inggris itu.

Agar upaya cabor tenis meja menjadi tuan rumah pada Porprov 2022 terealisasi, pengurus KONI Jember melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di GOR Bima tersebut.

Menurut pria yang karib disapa Alfin ini, monev itu dilakukan untuk mengetahui tingkat Latihan dan tingkat kualitas prestasi. “Ataupun peringkat dari cabang olahraga," katanya, Jumat (2/4/2021).

Terkait monev itu sendiri, sebelumnya sudah dilakukan untuk cabor yang lain. Seperti tarung derajat, taekwondo, anggar, paralayang di Gunung Manggar, dan catur. “Nah, kali ini monev dari atlet tenis meja,” ujarnya.

Dari hasil monev yang dilakukan, Alvin menambahkan, bahwa pihaknya akan mengajukan dulu menjadi tuan rumah Porprov 2022 cabor tenis meja. “GOR khusus tenia meja ini satu-satunya hanya di Jember," katanya.

Diharapkan, dengan usulan itu Jember dapat menjadi tuan rumah Porprov cabor tenis meja. Sebab menurutnya, keuntungan menjadi tuan rumah itu cukup banyak. Mulai dari kepercayaan diri secara mental saat bertanding, juga memberikan efek domino di sektor lain. “Meningkatkan potensi UMKM, penginapan dan hotel," ujarnya.

Sementara itu, menurut Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jember, Bambang Siswanto Gunawan, GOR Bima mendukung peningkatan kualitas atlet tenis meja. "Karena gedung olahraga ini khusus untuk tenis meja," kata pria yang karib diapa Kwang, itu.

Namun demikian, untuk nantinya bisa menjadi tuan rumah pada Porprov Jatim 2022, pihaknya bersama KONI Jember akan melakukan pengajuan ke KONI Jatim. "Untuk nantinya dapat menjadi venue kompetisi tenis meja," katanya.

Terkait persiapan atlet dan fasilitas dari GOR Bima sendiri, Kwang menyebut bahwa pihaknya sering uji tanding dan banyak merih prestasi. “Meski kami masih cabor yang baru gabung dengan KONI Jember," ujarnya. (as/don)