Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-01 19:47:18

Muncul Klaster Perkantoran Jember, 650 Pegawai Pemkab Jember Jalani Swab Test

DITES: Ratusan pegawai Pemkab Jember menjalani swab test setelah muncul klaster perkantoran.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Sebanyak 650 pegawai di lingkungan Pemkab Jember menjelani swab test masal di ruang aula PB Soedirman di Komplek Kantor Pemkab Jember, Selasa (1/12/2020). Hal itu menyusul munculnya klaster perkantoran pemkab.

Para pegawai yang menjalani tes usap tersebut terdiri dari 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di antaranya, Inspektorat; Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM); dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Baca Juga : Vaksin Sinovac untuk Jember Datang Hari Ini

Kemudian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Tanaman Pangan hortikultora dan Perkebunan; Bagian Pembangunan; Satpol PP; Dinas Kesehatan (Dinkes); Dinas Perhubungan (Dishub); dan Puskesmas se-Kabupaten Jember.

Baca Juga : Terima Vaksin Sinovac, Vaksinasi di Probolinggo Dimulai 27 Januari

Jubir Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember Gatot Triyono mengatakan, kegiatan swab test masal itu dilakukan, setelah adanya kluster perkantoran di lingkungan Pemkab Jember.

Selain itu, swab dilakukan sebagai upaya Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember, untuk melakukan tracing pasien Covid-19 di lingkungan pemkab. Dari pantauan tadatodays.com, ada sekitar 8 petugas kesehatan yang melakukan tes.

“Pegawai itu kan sering berinteraksi dengan lingkungan luar dan rawan bersinggungan dengan pasien Covid-19. Sehingga pegawai di 10 OPD yang berpotensi besar terpapar virus Covid-19," katanya.

Gatot menambahkan, nantinya setelah hasil swab test keluar, yang positif akan dilakukan isolasi. "Namun akan dilihat kondisinya. Jika OTG (Orang Tanpa Gejala, Red) akan diarahkan ke JSG. Jika ada gejala atau butuh penanganan medis, akan dirawat di rumah sakit," jelasnya. (as/sp)