Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-31 16:50:05

Musrenbang RPKD Jember Tahun 2023, Kesejahteraan Masyarakat Jadi Prioritas

PRIORITAS: Bupati Jember Hendy Siswanto memberikan arahan dalam Musrenbang membahas RPKD Kabupaten Jember 2023

JEMBER, TADATODAYS.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jember menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Jember tahun 2023, di aula PB Soedirman, Kamis (31/3/2022).

Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya mengatakan, tema pembangunan Kabupaten Jember tahun 2023 yakni Pembangunan Ketahanan Sosial dan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Baca Juga : Tampilkan Tari Lahbako dan Sadeng secara Kolosal dalam Pembukaan Porprov VII

"Kesejahteraan masyarakat harus kita tingkatkan. Ini yang menjadi tanggung jawab kita semua (pemerintah daerah, Red) sebagai pelayanan masyarakat Jember,” katanya. Dalam pembangunan Kabupaten Jember tahun 2023 mendatang terdapat beberapa target Indikator Kinerja Utama (IKU).

Baca Juga : Dispora Jember Optimistis 15 Venue Porprov Jatim VII Siap Dipakai

Di antaranya, penuntasan angka kemiskinan, penuntasan angka pengangguran, peningkatan pendapatan anggaran daerah (PAD) dari sektor pariwisata, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan peningkatan kualitas lingkungan hidup. Termasuk pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas utama.

“Mari kita kerja bersama, sinergi, kolaborasi, dan akselerasi. Wes wayae Jember mbenahi Jember,” pintanya. Bupati yang akrab disapa Hendy berharap, upaya pembangunan yang dirancang nantinya mendapat dukungan dari masyarakat. Dengan demikian, program berjalan maksimal dan berdampak baik bagi kemajuan kabupaten Jember.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Jember Hadi Mulyono menyampaikan, dalam Musrenbang kali ini terdapat 1.068 usulan dari aspirasi masyarakat dan usulan pokok pikiran (pokir) dari DPRD Jember sebanyak 908.

Untuk DPRD rinciannya 29 usulan bidang pendidikan, 532 bidang infrastruktur, 70 usulan bidang ekonomi, dan 2 usulan dalam bidang kesehatan. “Secara umum masih sama seperti tahun sebelumnya. Termasuk pembangunan infrastruktur. Tapi sebagaimana tema Musrenbang kali ini, juga fokus peningkatan ekonomi melalui UMKM," jelasnya.

Musrenbang RKPD Kabupaten Jember tersebut dihadiri oleh pejabat di lingkup Pemkab Jember, Forkopimda, dan pimpinan OPD. Hadir juga perwakilan sejumlah organisasi masyarakat (Ormas). (*/as/sp)