Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-17 18:25:17

Optimalkan e-Katalog Lokal, Bupati Jember Terus Dorong Kemajuan UMKM

PERLUAS JARINGAN: produk lokal Jember terus mendapat perhatian Pemkab jember. Salah satunya dengan menyediakan platform pemasaran melalui e-Katalog. Dengan e-Katalog, diharapkan produk lokal Jember semakin dikenal masyarakat.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemkab Jember terus memaksimalkan e-Katalog untuk produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Jember. Hal ini dilakukan demi mengenalkan produk lokal berkualitas dengan jangkauan lebih luas.Selain itu, e-Katalog juga membuka kemungkinan produk UMK dilirik instansi pemerintah.

Nantinya, dalam e-Katalog ada beberapa produk UMKM dengan bermacam-macam spesifikasi dan dengan bermacam-macam jenis barang. Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, e-katalog dimaksudkan untuk memudahkan pelaku UMKM agar dapat lebih leluasa dalam memasarkan produk dengan kualitas terbaik yang dihasilkan.

Baca Juga : Dispendukcapil Jember Sosialisasikan SIAK Terpusat pada Operator Adminduk

Baca Juga : Melalui SIAK Terpusat, Pengurusan Adminduk Bisa Dilakukan Dimana Saja

“Selain bermacam-macam produk yang ditampilkan, juga didalamnya terdapat harga dan spesifikasi produk unggulan Jember,” kata Bupati Hendy, di sela-sela kegiatan di Agrowisata Sukorambi, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Jember Wiwin Agustianingsih mengatakan, ada sebanyak 8 kategori produk yang masuk dalam e-Katalog. Antara lain, aneka bahan dasar, kerajinan, makanan, batik, fashion, minuman, produk rumah tangga, dan produk lainnya.

Untuk syarat produk yang dapat dimasukan e-Katalog harus sudah memiliki izin. Misal untuk makanan atau minuman, sudah mengantongi Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan spesifikasi mengenai makanan atau minuman tersebut.

TERDAFTAR: Pelaku UMKM di Jember bisa dengan mudah mendaftarkan produknya melalui e-Katalog dengan catatan sudah terdaftar. Diskopum Jember berkomitmen membantu akses pelaku UMKM untuk memanfaatkan fasilitas e-Katalog.

“Produk yang bisa masuk e-Katalog harus mengantingi izin. Misal makanan dan minuman izinnya bisa SPIRT. Sedangkan untuk produk kerajinan, asalkan produk tersebut produk unggulan asal Kabupaten Jember, otomatis dapat masuk kedalam e-katalog,” katanya.

Sejauh ini, Diskopum telah menyosialisasikan e-Katalog ini melalui komunitas-komunitas UMKM yang ada di Kabupaten Jember. Wiwin menambahkan, bahwa e-Katalog ini sudah berjalan sejak tahun 2020 dan sudah bisa di akses melalui www.produkumkmjember.id atau bisa di-download melalui playstore Produk UMKM Jember. (*/bp/sp)