Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-19 19:20:52

Optimalkan Promosi Potensi Desa, DPMD Gelar Pelatihan J-Branding

BRANDING: Bupati Hendy Siswanto foto bersama dengan pemuda desa yang disiapkan sebagai konten kreator untuk mengoptimalkan promosi potensi desa.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jember menggelar pelatihan J-Branding Desa pada puluhan pemuda, Selasa (19/04/2022). Kegiatan yang digelar di kantor Desa Kemuningsari, Kecamatan Jenggawah, itu dalam rangka mengoptimalisasi promosi potensi desa itu

Pelatihan itu digelar selama tiga hari, yakni tanggal 19-21 April 2022. Materi yang diberikan pada sekitar 20 pemuda desa setempat itu di antarany editing konten video, pemetaan potensi desa, dan manajemen branding, dan juga manajement event.

Baca Juga : Pendamping Produk Halal Mulai Dibentuk di Banyuwangi

Kepala DPMD Jember Adi Wijaya menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan upaya DPMD untuk mendorong potensi desa di Kabupaten Jember, agar lebih dikenal dan kemudian berdampak secara ekonomi.

Adi –sapaan akrabnya- mengatakan, desa-desa di kabupaten Jember memiliki banyak sekali potensi dan juga produk. Hanya saja, informasi unggulan desa tersebut belum sepenuhnya terpublikasi secara luas. Karenanya, pelatihan J-Branding diharapkan mampu mencetak konten kreator baru.

“Merekalah (peserta pelatihan, Red) yang kita harapkan mempromosikan potensi desanya agar lebih dikenal,” katanya. Selain itu, program tersebut juga didesain agar setiap desa memiliki ikon masing-masing yang dikenal juga menjadi ciri khas.

Terpisah, Bupati Jember Hendy Siswanto menyebut, kekuatan utama suatu daerah menurutnya terletak di setiap desa. Menata dan mengawal desa pembangunan desa, kata Hendy –sapaan krabnya- adalah tugas serius dan berkelanjutan.

Hendy berpesan agar melenial di desa yang ada di Jember, untuk bangga pada desanya dan juga membantu mengembangkan serta mengenalkan potensi yang ada. “Kekuatan kita ada di Desa, jadi ayo Melenial juga terlibat membangun desa,” pungkasnya. (*/as/sp)