Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-15 07:55:30

PAN Nyatakan Partai Terbuka, PDIP Siapkan Mesin Partai

JEMBER, TADATODAYS.COM - Tahapan Pemilu 2024 sudah resmi diluncurkan oleh KPU RI. Partai-partai politik di Jember pun bersiap menghadapi Pilpres dan Pileg yang bakal dihelat 14 Februari 2024. Di antaranya ialah DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Jember yang menyatakan membuka diri untuk para calon legislatif (caleg). Sedangkan DPC PDIP Jember menyiapkan mesin partai.

Sekretaris DPD PAN Jember Nyoman Aribowo mengatakan bahwa sejak awal PAN adalah partai terbuka. Hanya, masyarakat memiliki persepsi seakan-akan PAN milik golongan tertentu. "Kita teguhkan, kita sosialisasikan, kita perkuat masyarakat bahwa kita ini (PAN) partai terbuka untuk semua kalangan, golongan dan ormas," ungkapnya saat ditemui usai nonton bareng (nobar) peluncuran tahapan Pemilu 2024 di KPU Jember, Selasa (14/6/2022) malam.

Baca Juga : Tujuh Tahapan Pemilu 2024 Resmi Dilaunching

Nyoman menyatakan, bukti nyata bahwa PAN sangat terbuka adalah caleg-caleg berasal dari berbagai kalangan. Termasuk ormas-ormas lengkap, tidak hanya Muhammadiyah yang diidentikkan dengan PAN.

Baca Juga : Golkar, Gerindra, dan PDIP Pasang Target di Pemilu 2024

"PAN adalah partai terbuka. Ini bukti riil, tidak hanya jargon," tegasnya. 

Terkait Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Nyoman mengatakan bahwa PAN Jember mengikuti instruksi pusat dan akan segara melakukan deklarasi KIB di Daerah. Menurut Nyoman, KIB bukan sekedar simbolik yang dibuat pusat, namun benar-benar serius.

"Bahkan kaos-kaos KIB sudah ada, dan benar-benar ini serius. Tidak hanya simbolik di pusat, tapi di daerah juga diminta untuk segera melakukan sosialisasi KIB," katanya.

Sedangkan saat ditanya sosok calon presiden 2024, Nyoman mengatakan bahwa PAN Jember masih menampung  aspirasi masyarakat bawah agar nantinya dapat disampaikan kepada pusat. " Ini riil, bahwa kita diminta untuk menampung aspirasi masyarakat terkait capres," katanya. 

Persiapan menghadapi Pemilu 2024 juga dilakukan DPC PDI Perjuangan Jember. Wakabid Kehormatan Partai DPC PDIP Jember Hariyanto mengatakan, optimalisasi sayap partai telah dilakukan. Bahkan   jajaran pengurus partai, kader partai, badan-badan partai hingga simpatisan, juga telah disiapkan.

"Kita siapkan (mesin partai PDIP) dari hari ini. Yang sebelumnya tidur, sudah harus bangun," kata Hariyanto saat ditemui pasca nobar peluncuran tahapan pemilu di kantor KPU Jember, Selasa  (14/6/2022) malam.

Selain itu, Hariyanto mengungkapkan bahwa Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Taruna Merah Putih (TMP), dan Komunitas Juang (KJ) sudah mulai melakukan pemanasan mesin demi menyongsong Pemilu 2024.

Menurut Hariyanto,  PDIP Jember saat ini tinggal menunggu proses selanjutnya yang dilaksanakan oleh KPU. "Terkait persiapan, kita menunggu proses selanjutnya dari KPU, sesuai dengan perundang-undangan yang ada," ujarnya. (bp/why)