Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-16 10:48:34

Pemkab Jember Jalin Kerjasama dengan PTDI-STTD

MOU: Penandatanganan jalinan kerjasama Pemkab Jember dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD. Kerjasama ini sebagai upaya membuka peluang bagi masyarakat Jember yang ingin serius di dunia transportasi darat.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menjalin kerjasama dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD. Jalinan kerjasama ini menjadi upaya membuka peluang bagi masyarakat Jember yang ingin serius bekerja di dunia transportasi darat.

Penandatangan nota kerjasama Pemkab Jember dengan PTDI-STTD dalam rangka pemenuhan SDM pada bidang transportasi darat ini dilangsungkan di Pendopo Wahyawibawagraha, Jember, Rabu (15/6/2022). Disaksikan Kepala Dinas Perhubungan Agus Wijaya, Kepala BPKAD Tita Fajar Ariyatiningsih dan beberapa pejabat Pemkab Jember lainnya, nota kerjasama diteken Bupati Jember Hendy Siswanto dan Direktur PTDI-STTD  M. Yani.

Baca Juga : Hanya PT Imasco Menolak Aturan Baru Kontribusi Tetap Gunung Sadeng

Kerjasama ini dimaksudkan agar siswa-siswi lulusan SMA dan MAN dari Jember dapat melanjutkan pendidikan di Politeknik Transportasi Darat Indonesia - Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD)  Jakarta. Selain itu, langkah ini diambil sebagai upaya memperluas lapangan kerja bagi masyarakat Jember, terutama pada bidang transportasi darat.

Baca Juga : Soal Lapangan Talangsari, Ancer Minta Fraksi Teken Penolakan

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu memberi peluang lebih bagi masyarakat Jember pada bidang transportasi. Mengingat peluang kerjanya cukup tinggi.

"Kita dorong ke sana, karena peluang pekerjaannya (bidang transportasi, red) tinggi dan kita beri peluang bagi masyarakat jember yang lulus SMA atau MAN untuk sekolah di Jakarta," kata Bupati Hendy di momen penandatanganan kerjasama tersebut.

Menurut Bupati Hendy, perkembangan transportasi di Indonesia semakin maju. Jadi, harus diimbangi dengan sumberdaya manusia (SDM) yang memiliki keahlian. Nantinya siswa mendapatkan pelajaran vokasi langsung, seperti implementasi teknologi teknis, pelayanan transportasi, pengujian keselamatan, hingga pelayanan.

"Sekarang sudah mulai ada kendaraan listrik berbasis energi terbarukan. Maka, harus ada regulasinya, dan masih jarang yang belajar itu," tambah Bupati Hendy. 

Saat ditanya terkait peluang bagi siswa-siswi Jember untuk melanjutkan pendidikan S1 maupun S2 di PTDI-STTD, Bupati Hendy menyatakan sangat besar. Terlebih, Pemkab Jember dan PTDI-STTD sudah menjalin kerjasama. Nantinya, Pemkab Jember memfasilitasi siswa-siswi yang mau lanjut sekolah di PTDI-STTD dan diberikan beasiswa.

Sedangkan Direktur PTDI-STTD M. Yani dalam sambutannya menyatakan, setelah menguasai kompetensi yang diberikan, lulusan PTDI-STTD dapat langsung bekerja. Mereka bisa bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, karena PTDI-STTD juga bekerja sama dengan swasta. (*/bp/why)