Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-12 15:19:21

Pemkab Jember Luncurkan Gerakan Bersepeda: Wes Wayahe Jember Langit Biru

LAUNCHING: Gerakan bersepeda diluncurkan oleh Pemkab Jember pada Senin (12/9/2022) dengan tujuan penghematan energi sekaligus membiasakan pola hidup sehat.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Bersepeda, menjadi salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Jember dalam mengajak warganya membiasakan pola hidup sehat. Apalagi, baru-baru ini telah ditetapkan  kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang semakin mencekam. Sebagai wujud upayanya, Pemkab Jember melaunching Gerakan Bersepeda ke tempat kerja (bike to work) bagi para ASN.

Gerakan Bersepeda yang diberi tajuk “Wes Wayahe Jember Langit Biru” itu dilaksanakan berdasar Surat Edaran (SE) Bupati Jember. Isinya tentang imbauan bersepeda ke tempat kerja untuk para ASN. Surat Edaran tersebut diteken Bupati Hendy pada Jumat (2/9/2022) lalu.

Dalam SE tersebut, Bupati Hendy mengimbau agar seluruh ASN di Kabupaten Jember setiap hari Jumat berangkat bekerja dengan bersepeda (bike to work).

Bupati Hendy menyebutkan, Surat Edaran bersepeda bagi ASN dimaksudkan sebagai upaya mendorong penghematan energi. Hal itu juga berkaitan dengan pengendalian inflasi, dimana 1 dari 10 langkah pengendalian inflasi salah satunya gerakan hemat energi.

"Ada 22.800 ASN. Kalau semuanya bersepeda ke tempat kerja, meski hari Jumat saja, lumayan menghemat energi," katanya.

Selanjutnya, mengawali kegiatan pada Senin (12/09/2022) pagi, Bupati Jember Hendy Siswanto menunjuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr. Hendro Sulistiyono meluncurkan Gerakan Bersepeda. Bertempat di halaman kantor Pemkab Jember, Gerakan Bersepeda ini diluncurkan untuk mewujudkan “Wes Wayahe Jember Langit Biru”.

Hendro menerangkan, ada banyak manfaat yang didapatkan melalui Gerakan Bersepeda ini. Pertama, menjaga kesehatan warga, guna menekan angka kematian akibat penyakit jantung yang selama ini masih tinggi di Kabupaten Jember.

Kedua, untuk menghemat energi atau bahan bakar minyak. Ketiga, tentunya untuk menciptakan udara yang sehat di Kabupaten Jember, sehingga tercipalah Jember dengan langitnya yang biru.

Berdasarkan hal-hal itulah, Kata Hendro, imbauan bersepeda oleh Bupati layak dijalankan. "Mari bersepeda untuk kesehatan hemat energi dan udara segar," katanya. (*/as/why)